Cara Ganti Password Wi-Fi lewat Ponsel

Kompas.com - 15/06/2021, 09:26 WIB
Ilustrasi wifi di rumah. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi wifi di rumah.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Keberadaan jaringan wireless dengan router Wi-Fi sudah menjadi hal lumrah di berbagai tempat, termasuk di rumah. Untuk mengamankannya, jaringan nirkabel biasanya dilindungi dengan Wireless Protected Acess (WPA) yang mensyaratkan password.

Kata kunci untuk jaringan Wi-Fi ini bisa diubah sesuka hati oleh pemilik jaringan. Caranya adalah dengan mengakses menu manajemen router lewat browser.

Baca juga: Tips Aman Internetan dengan Wi-Fi Publik

Selain komputer, perangkat mobile seperti smartphone dan tablet pun bisa dipakai untuk keperluan tersebut, baik yang menggunakan sistem operasi iOS ataupun Android. Selengkapnya, silakan ikuti langkah-langkah yang dirangkum oleh KompasTekno berikut ini.

Cara mengganti password Wi-Fi lewat ponsel

1. Pertama, pastikan smartphone atau tablet yang Anda gunakan sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi.

2. Buka browser lewat perangkat Anda, lalu masukkan alamat IP router (Contoh: 192.168.0.1.) di kolom URL. Alamat IP default dari router ini bisa berbeda-beda tergantung merek.

Alamat IP router Wi-Fi, berikut nama jaringan (SSID) serta username dan password admin untuk masuk ke menu manajemen biasanya tertera di label di sisi bawah perangkat router.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain dari label di fisik perangkat router, Anda juga bisa mencari keterangan-keterangan tersebut dengan melakukan searching di internet.

Baca juga: Cara Mengetahui Penyusup di Jaringan WiFi Kita

Dalam contoh-contoh di bawah, KompasTekno menggunakan tangkapan layar dari router bemerek TP-Link.

3. Setelah memasukkan alamat IP router, Anda akan disambut beranda menu manajemen yang berisi kolom username dan password admin. Jika belum diubah, anda bisa memasukkan nama dan kata kunci admin dari label keterangan router tadi.

Cara ganti password wifi lewat ponsel AndroidKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara ganti password wifi lewat ponsel Android
Apabila username dan password admin telah diubah dan Anda tidak bisa  mengingatnya, router bisa dikembalikan ke setting default dengan cara menekan tombol reset di perangkat yang bersangkutan.

Baca juga: WiFi Ternyata Bukan Singkatan Wireless Fidelity

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X