Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus ROG Phone 5 Series Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 15/06/2021, 09:28 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan secara global pada Maret lalu, Asus ROG Phone 5 Series akhirnya resmi dibawa ke Indonesia. Dalam acara peluncuran yang digelar pada Senin (14/6/2021), ada dua ROG Phone 5 yang diperkenalkan.

Kedua ponsel gaming tersebut yaitu ROG Phone 5 versi "reguler" dan ROG Phone 5 Ultimate. Jumlah ini berbeda dengan jajaran ROG Phone 5 yang diperkenalkan secara global di mana ada tiga ponsel yang diperkenalkan. Artinya, ROG Phone 5 Pro tidak turut dirilis Asus di Tanah Air.

Dibanding pendahulunya yakni ROG Phone 3, Asus ROG Phone 5 Series memiliki sejumlah pembaruan di aspek desain, spesifikasi, dan fitur.

"ROG Phone 5 Series hadir dengan peningkatan di berbagai aspek untuk memberikan para gamers pengalaman bermain game terbaik," ujar Asus Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Kesan Pertama Menggenggam ROG Phone 5, Ponsel Gaming Terbaru Asus

ROG Phone 5

Secara desain, ROG Phone 5 nyaris identik dengan ROG Phone 3. Namun, ada perbedaan mencolok di bagian punggungnya, yaitu logo ikonik ROG yang kini mengusung deretan matriks yang terdiri dari titik-titik cahaya, alih-alih lampu RGB konvensional.

Tampilan bagian belakang ROG Phone 5.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan bagian belakang ROG Phone 5.
Desain logo yang terbilang dinamis ini mirip dengan lampu ROG yang terdapat di sejumlah produk gaming Asus lainnya, seperti Lightning Armor Case ROG Phone 3, atau laptop gaming ROG Zephyrus G14.

Di samping logo dan tulisan anyar yang turut mempercantik punggung ponsel, terdapat pula tiga kamera yang disusun secara horizontal.

Konfigurasi masing-masing kamera tersebut juga serupa dengan ROG Phone 3, yaitu kamera utama "Quad Bayer" 64 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera macro 5 MP.

Beralih ke bagian depan, layar ROG Phone 5 lebih luas dengan panel AMOLED 6,78 inci dan resolusi Full HD Plus, juga lebih kokoh karena telah dilindungi dengan pelapis kaca Gorilla Glass Victus.

Layar ini juga memiliki tingkat kecerahan hingga 1.200 nits (peak), refresh rate 144 Hz, touch sampling rate 300 Hz, dan bisa menampilkan konten HDR10+. Di bagian atas, terdapat kamera selfie beresolusi 24 MP.

Tampilan bagian depan ROG Phone 5.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan bagian depan ROG Phone 5.
Selain aspek desain, sektor hardware dan fitur-fitur ROG Phone 5 juga turut mendapatkan pembaruan.

Ponsel ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 888 dan dipadu dengan dua pilihan RAM LPDDR5, yaitu 8 GB/12 GB, serta dua opsi memori internal berjenis UFS 3.1 dengan kapasitas 128 GB/256 GB.

Untuk segi daya, ROG Phone 5 memiliki baterai jumbo berkapasitas 6.000 mAh yang mendukung teknologi pengisian HyperCharge 65W. Asus mengklaim baterai ponsel ini bisa terisi 70 persen dalam waktu 30 menit.

Fitur pendukung lainnya mencakup dua buah port charging USB Type-C untuk mengisi daya ponsel dalam posisi portrait maupun landscape, AirTrigger generasi ke-5 yang berfungsi layaknya tombol L1/R1 controller konsol PlayStation, dan masih banyak lagi.

Untuk aspek software, ROG Phone 5 menjalankan sistem operasi Android 11 dan antarmuka khas ROG Phone, yakni ROG UI.

Baca juga: Ponsel Gaming Nubia Red Magic 6 Masuk Indonesia Juli 2021

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com