Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis Beats Studio Buds, Earphone TWS untuk Android

Kompas.com - 15/06/2021, 12:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Apple baru saja memperkenalkan lini earphone true wireless stereo (TWS) baru bernama Beats Studio Buds, baru-baru ini. Dibandingkan dengan Airpods, Studio Buds hadir dengan harga yang lebih terjangkau dan lebih cocok untuk perangkat Android.

Salah nilai jual Studio Buds adalah kompatibilitas yang lebih luas untuk perangkat di luar ekosistem produk Apple. Perangkat ini, misalnya, tidak menggunakan konektor Lightning untuk mengisi daya, melainkan USB tipe C.

Selain itu, Studio Buds turut didampingi aplikasi Beats yang bisa diunduh oleh pengguna Android dari toko aplikasi Google Play Store.

Untuk mendapatkan akses ke seluruh fitur yang dibawa oleh Studio Buds, pengguna hanya perlu memastikan bahwa ponselnya sudah menjalankan sistem operasi Android 6.0 atau yang lebih baru, dan mengaktifkan Layanan Google Play diaktifkan dan akun Google.

Baca juga: Apple AirPods Max Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Berapa Harganya?

Pengguna Android pun bisa melihat informasi soal sisa baterai pada Studio Buds dan casing pengisi dayanya, di samping menambahkan kendali tambahan seperti memanggil Google Assistant.

Earphone TWS Studio Buds ini juga membawa embel-embel nama Beats. Karena memang merupakan hasil garapan dari produsen perangkat audio Beats Electronics, yang diakuisisi Apple pada 2014.

Sebenarnya, lini earphone AirPods juga bisa digunakan pada ponsel Android. Namun, bila AirPods digunakan di luar produk ekosistem Apple (iPhone, Mac, iPad), menurut laman Support Apple, fitur pada AirPods mungkin akan dibatasi.

Fitur dan harga Beats Studio Buds

Studio Buds ini hadir dengan tiga ukuran eartip silikon bawaan.Apple.com Studio Buds ini hadir dengan tiga ukuran eartip silikon bawaan.
Untuk spesifikasinya sendiri, aksesori yang memiliki bobot 58 gram ini telah dibekali dengan fitur peredam bising aktif (Active Noise Cancelling).

Lalu bagi pengguna ekosistem Apple, perangkat ini juga menyertakan dukungan Spatial Audio sehingga memberikan kesan suara yang didengarkan berasal dari sekeliling pengguna.

Apple mengklaim Studio Buds ini dapat menemani pengguna hingga 8 jam, bila menggunakan fitur transparansi alias fitur ANC tidak aktif.

Baca juga: Bea Cukai AS Sita 36.000 Pasang AirPods KW dari China

Pengguna juga masih akan mendapatkan tambahan daya hingga 16 jam, berkat casing pengisi daya Studio Buds. Jadi totalnya, earphone wireless ini dapat menemani pengguna hingga 24 jam, atau 15 jam jika ANC aktif. B

Dari segi desain, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (15/6/2021). Studio Buds memiliki rancangan yang berbeda dibandingkan AirPods, karena tak memiliki bagian batang earphone.

Fitur lain yang dibawa oleh Studio Buds ini termasuk tiga ukuran eartip silikon bawaan dalam setiap pembelian aksesori. Studio Buds juga sudah mengantongi sertifikat IPX4 untuk ketahan terhadap air dan keringat.

Dari segi harga, di laman resmi Apple, earphone TWS Studio Buds dibanderol seharga 149,9 dollar AS atau setara dengan Rp 2,1 juta, sedikit lebih murah dari AirPods generasi kedua yang dijual seharga 159 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com