Layanan Google Workspace Digratiskan, Fitur Eksklusif Ini Bisa Dipakai Semua Pengguna

Kompas.com - 15/06/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi Gmail. Jarretera/Shutterstck via Business InsiderIlustrasi Gmail.

KOMPAS.com - Google Workspace atau yang lebih dulu dikenal dengan nama Google G Suite, merupakan layanan berbayar yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mendongkrak produktivitas.

Google Workspace mencakup sejumlah aplikasi besutan Google, seperti Gmail, Calendar, Drive, Docs, Sheets, Slides, Spreadsheet, dan Meet.

Deretan aplikasi tersebut sebenarnya juga sudah tersedia bagi pengguna gratisan. Bedanya, semua aplikasi yang ada di Google Workspace lebih terintegrasi dan terdapat fitur tambahan untuk mempermudah pengguna bekerja dengan kolega.

Contoh integrasi di sini adalah layanan Google Chat, Meets, dan Room yang dapat langsung diakses di menu Gmail.

Menurut Google, hal tersebut adalah upaya untuk meningkatkan efisiensi waktu pengguna.

"Efisiensi adalah segalanya. Kami berupaya untuk menambahkan fitur bermanfaat yang mempermudah penyelesaian pekerjaan terpenting Anda," tulis Google di halaman resminya.

Contoh lain adalah adanya fitur mention dalam aplikasi dokumen Google Workspace. Jika pengguna me-mention orang lain, informasi orang tersebut akan muncul saat kursor diarahkan ke nama tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bentuk integrasi lainnya adalah pada fitur preview dokumen. Sebelumnya pengguna harus membuka atau mengunduh sebuah dokumen dari Docs, Sheets, dan Slides.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Google, dengan Workspace, pengguna dapat melihat isi dokumen tersebut hanya dengan preview, tanpa harus membuka tab baru.

Awalnya, Google Workspace hanya diperuntukkan pengguna berbayar. Namun kini, layanan tersebut dapat digunakan oleh semua pengguna akun Google secara cuma-cuma. Dengan demikian pengguna bisa menikmati fitur dan kemudahan dari "integrasi" tersebut.

Halaman:


Sumber The Verge
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.