Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Google Workspace Digratiskan, Fitur Eksklusif Ini Bisa Dipakai Semua Pengguna

Kompas.com - 15/06/2021, 16:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google Workspace atau yang lebih dulu dikenal dengan nama Google G Suite, merupakan layanan berbayar yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mendongkrak produktivitas.

Google Workspace mencakup sejumlah aplikasi besutan Google, seperti Gmail, Calendar, Drive, Docs, Sheets, Slides, Spreadsheet, dan Meet.

Deretan aplikasi tersebut sebenarnya juga sudah tersedia bagi pengguna gratisan. Bedanya, semua aplikasi yang ada di Google Workspace lebih terintegrasi dan terdapat fitur tambahan untuk mempermudah pengguna bekerja dengan kolega.

Contoh integrasi di sini adalah layanan Google Chat, Meets, dan Room yang dapat langsung diakses di menu Gmail.

Menurut Google, hal tersebut adalah upaya untuk meningkatkan efisiensi waktu pengguna.

"Efisiensi adalah segalanya. Kami berupaya untuk menambahkan fitur bermanfaat yang mempermudah penyelesaian pekerjaan terpenting Anda," tulis Google di halaman resminya.

Contoh lain adalah adanya fitur mention dalam aplikasi dokumen Google Workspace. Jika pengguna me-mention orang lain, informasi orang tersebut akan muncul saat kursor diarahkan ke nama tersebut.

Bentuk integrasi lainnya adalah pada fitur preview dokumen. Sebelumnya pengguna harus membuka atau mengunduh sebuah dokumen dari Docs, Sheets, dan Slides.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Google, dengan Workspace, pengguna dapat melihat isi dokumen tersebut hanya dengan preview, tanpa harus membuka tab baru.

Awalnya, Google Workspace hanya diperuntukkan pengguna berbayar. Namun kini, layanan tersebut dapat digunakan oleh semua pengguna akun Google secara cuma-cuma. Dengan demikian pengguna bisa menikmati fitur dan kemudahan dari "integrasi" tersebut.

"Dengan menghadirkan Google Workspace kepada semua orang, kami memudahkan orang-orang agar dapat tetap terhubung, terkelola, dan mencapai lebih banyak hal bersama," ungkap pihak Google dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (15/6/2021).

Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah Chat. Pada April lalu, Google mengintegrasikan fitur Google Meet, serta memberikan early access fitur Chat dan Rooms pada aplikasi Gmail untuk pengguna gratisan.

Baca juga: Lokasi Vaksin Covid-19 di Jakarta Bisa Dicari lewat Google Maps, Begini Caranya

Tiga layanan Google itu sedianya berguna untuk menunjang komunikasi dan kolaborasi dengan pengguna Google lainnya.

Kini ketiganya sudah terintegrasi dan bisa dinikmati oleh seluruh pengguna akun Google gratisan di Gmail versi web maupun aplikasi.

Fitur Chat dan Rooms sendiri memungkinkan pengguna Gmail untuk mengobrol dengan kolega, memberikan penugasan, hingga membuat reminder di Google Calendar di dalam grup secara langsung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com