Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menggenggam ROG Phone 5, Ponsel Gaming Terbaru Asus

Kompas.com - 16/06/2021, 07:02 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asus resmi memboyong ponsel gaming teranyarnya, ROG Phone 5 ke pasar Indonesia, Senin (14/6/2021). Perangkat ini merupakan suksesor dari ROG Phone 3 yang sudah lebih dulu dijual di Tanah Air tahun lalu.

Ada dua model yang dijual di Indonesia, yaitu ROG Phone 5 "reguler" dan ROG Phone 5 Ultimate. Perbedaan keduanya terletak di desain punggung, di mana versi "Ultimate" dibekali dengan layar mungil ROG Vision, serta RAM 18 GB dan memori internal 512 GB. 

Baca juga: Asus ROG Phone 5 Series Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

KompasTekno berkesempatan untuk membuka kotak kemasan dan menjajal ROG Phone 5 versi reguler yang memiliki konfigurasi RAM 8 GB dan media penyimpanan 128 GB. Bagaimana kesan pertamanya?

Desain punggung unik

Secara desain, ROG Phone 5 nyaris identik dengan ROG Phone 3. Namun, ada perbedaan mencolok di bagian punggungnya, yaitu logo ikonik ROG yang kini mengusung deretan matriks yang terdiri dari titik-titik cahaya, alih-alih lampu RGB konvensional.

Desain logo yang terbilang dinamis ini mirip dengan lampu ROG yang terdapat di sejumlah produk gaming Asus lainnya, seperti Lightning Armor Case ROG Phone 3, atau laptop gaming ROG Zephyrus G14.KOMPAS.com/Bill Clinten Secara desain, ROG Phone 5 nyaris identik dengan ROG Phone 3. Namun, ada perbedaan mencolok di bagian punggungnya, yaitu logo ikonik ROG yang kini mengusung deretan matriks yang terdiri dari titik-titik cahaya, alih-alih lampu RGB konvensional. Desain logo yang terbilang dinamis ini mirip dengan lampu ROG yang terdapat di sejumlah produk gaming Asus lainnya, seperti Lightning Armor Case ROG Phone 3, atau laptop gaming ROG Zephyrus G14.

Secara desain, ROG Phone 5 warna Pahantom Black di tangan KompasTekno nyaris identik dengan ROG Phone 3.

Namun, ada perbedaan mencolok di bagian punggungnya, yaitu logo ikonik ROG yang kini tersusun dari deretan matriks yang terdiri dari titik-titik cahaya, alih-alih lampu RGB konvensional.

Desain logo yang terbilang dinamis ini mirip dengan lampu ROG yang terdapat di sejumlah produk gaming Asus lainnya, seperti Lightning Armor Case ROG Phone 3, atau laptop gaming ROG Zephyrus G14.

Lampu logo ROG ini bisa terdiri dari dua warna yang unik, alih-alih satu yang terkesan monoton seperti versi ROG Phone sebelumnya.

Baca juga: Asus Rilis Jajaran Laptop Gaming ROG dengan Prosesor AMD Ryzen 5000

Punggung Asus ROG Phone 5 berlapis kaca anti gores Gorilla Glass 3 yang mengilap. Karenanya, permukaan bagian belakang tak ramah dengan bekas sidik jari dan bakal sedikit licin apabila digenggam berlama-lama, misalnya untuk bermain game. 

Masih di sisi yang sama, selain logo, ada pula berbagai tulisan khas ROG yang turut mempercantik punggung ponsel, serta tiga kamera yang disusun secara horizontal.

Konfigurasi masing-masing kamera tersebut juga serupa dengan ROG Phone 3, yaitu kamera utama "Quad Bayer" 64 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera macro 5 MP.

Layar lega

Tampilan bagian depan ROG Phone 5. Ketika dipakai di bawah terik sinar matahari, konten atau game yang sedang ditampilkan layar bisa dibilang dapat dilihat dengan jelas. Wajar saja karena ROG Phone 5 memiliki layar dengan tingkat kecerahan hingga 1.200 nits (peak).

Selain itu, animasi yang berjalan di layar juga terasa lebih mulus dibanding layar ponsel kebanyakan berkat refresh rate 144 Hz. Respons terhadap sentuhan juga terasa lebih gesit karena layarnya mengusung touch sampling rate hingga 300 Hz.

Layarnya juga terkesan memiliki sentuhan melengkung (curved) di sisi kanan dan kirinya, sehingga memberikan efek elegan apabila ponsel dilihat dari depan. KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan bagian depan ROG Phone 5. Ketika dipakai di bawah terik sinar matahari, konten atau game yang sedang ditampilkan layar bisa dibilang dapat dilihat dengan jelas. Wajar saja karena ROG Phone 5 memiliki layar dengan tingkat kecerahan hingga 1.200 nits (peak). Selain itu, animasi yang berjalan di layar juga terasa lebih mulus dibanding layar ponsel kebanyakan berkat refresh rate 144 Hz. Respons terhadap sentuhan juga terasa lebih gesit karena layarnya mengusung touch sampling rate hingga 300 Hz. Layarnya juga terkesan memiliki sentuhan melengkung (curved) di sisi kanan dan kirinya, sehingga memberikan efek elegan apabila ponsel dilihat dari depan.

Beralih ke bagian depan, layar ROG Phone 5 terasa lebih lega karena mengusung panel AMOLED 6,78 inci dan resolusi Full HD Plus. Layarnya juga lebih kokoh karena telah dilindungi dengan kaca anti gores Gorilla Glass Victus.

Ketika dipakai di bawah terik sinar matahari, konten atau game yang sedang ditampilkan layar bisa dibilang dapat dilihat dengan jelas. ROG Phone 5 memiliki layar dengan tingkat kecerahan hingga 1.200 nits (peak).

Selain itu, animasi yang berjalan di layar juga terasa lebih mulus dibanding layar ponsel kebanyakan berkat refresh rate 144 Hz. Respons terhadap sentuhan juga terasa lebih gesit karena layarnya mengusung touch sampling rate hingga 300 Hz.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com