Bukan 5G, Xiaomi Mi 11 Lite yang Dijual di Indonesia Versi 4G

Kompas.com - 16/06/2021, 15:46 WIB
Xiaomi Mi 11 Lite. KOMPAS.com/Reska K. NistantoXiaomi Mi 11 Lite.

KOMPAS.com - Xiaomi baru saja meluncurkan ponsel Mi 11 Lite ke pasar Tanah Air. Namun, hanya Mi 11 Lite model 4G saja yang diboyong ke Indonesia. Ponsel tersebut ditenagai chipset Snapdragon 732G yang hanya mendukung jaringan LTE.

Padahal, saat diperkenalkan secara global, ada pula Mi 11 Lite model 5G yang diotaki chipset Snapdragon 780G. Di sisi lain, jaringan 5G juga mulai digulirkan di Indonesia pada bulan Mei lalu.

Hal ini membuat sejumlah Mi Fans -sebutan untuk penggemar Xiaomi- bertanya, mengapa Xiaomi tidak menyertakan Mi 11 Lite 5G ke Indonesia?

Baca juga: Realme GT 5G Meluncur Secara Global, Ponsel Flagship Harga Papan Tengah

Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse memiliki alasan sendiri mengapa tidak menyertakan Mi 11 Lite 5G ke Indonesia. Alvin mengatakan bahwa jaringan 5G di Indonesia belum siap saat Xiaomi hendak mendatangkan Mi 11 Lite.

Menurut Alvin, untuk beberapa produk tertentu, Xiaomi membutuhkan waktu sekitar 6-12 bulan sebelum memasarkannya ke Indonesia.

"Pada waktu itu, 5G di Indonesia masih belum jelas," kata Alvin dalam sesi tanya jawab bersama media sebelum acara peluncuran Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Selasa (16/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu yang belum siap adalah pita frekuensi (band) mana yang akan digunakan untuk menggelar 5G di Indonesia.

Xiaomi Mi 11 LiteGSM Arena Xiaomi Mi 11 Lite

Menurut Alvin, hal itu membuat Xiaomi agak gamang karena belum bisa memastikan apakah band 5G yang ada di Mi 11 Lite 5G akan cocok dengan band 5G yang akan tersedia di Indonesia atau tidak.

Baca juga: Tak Semua Ponsel 5G di Indonesia Bisa Tersambung ke Jaringan 5G Telkomsel, Ini Sebabnya

Sekadar informasi, saat ini pita frekuensi yang mendukung jaringan 5G barulah band n40 yang ada di frekuensi 2,3 GHz. Sehingga, smartphone 5G yang tidak mendukung band n40, belum bisa menggunakan jaringan 5G yang tersedia.

Alvin juga mengatakan, dengan pertimbangan harga dan spesifikasi, Mi 11 Lite adalah opsi yang paling tepat. Sebab, menurut Alvin, harga chipset 5G yang ada saat ini masih mahal. Sehingga, demi menekan harga jual, spesifikasi akan dikorbankan demi menawarkan fitur 5G yang sejatinya belum stabil di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X