Google Umumkan 6 Fitur Baru untuk Android, Ada Pendeteksi Gempa

Kompas.com - 18/06/2021, 07:03 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android phonearena.comIlustrasi sistem operasi Android
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pekan ini, Google mengumumkan sejumlah peningkatan untuk platform Android. Raksasa internet itu, misalnya, mengatakan bahwa sistem pendeteksi gempa bumi (Android Earthquake Alerts System) bakal disebar ke lebih banyak negara.

Google turut memperkenalkan serangkaian fitur baru untuk Android di ponsel. Selengkapnya, berikut ini adalah deretan fitur serta kemampuan baru di Android, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Blog Google, Jumat (18/6/2021).

1. Android Earthquake Alerts System

Android Earthquake Alerts System merupakan sistem yang memungkinkan smartphone Android dapat mendeteksi adanya gempa bumi, untuk kemudian mengirim peringatan ke pengguna lewat notifikasi ponsel.

Baca juga: Ponsel Android Bakal Jadi Jaringan Pendeteksi Gempa Bumi

Dengan dukungan accelerometer, nantinya ponsel-ponsel Android dapat berfungsi sebagai "seismometer mini" untuk mendeteksi tanda-tanda adanya gempa bumi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Accelerometer sendiri merupakan komponen untuk mendeteksi arah dan gerakan ponsel yang dikombinasikan dengan giroskop untuk motion control. Dalam hal ini, Google memfungsikan accelerometer sebagai alat serupa seismometer untuk mendeteksi gempa bumi.

Saat pengguna mengetik kata kunci "earthquake" seperti gambar di bawah, misalnya, Google Search akan menampilkan informasi terkait untuk area pengguna.

Google bikin sistem untuk mendeteksi adanya gempa bumitheverge.com Google bikin sistem untuk mendeteksi adanya gempa bumi

"Ponsel Android Anda dapat berperan sebagai 'seismometer mini' bersama dengan jutaan ponsel Androd lainnya, membentuk jaringan terbesar di bumi untuk mendeteksi gempa bumi," ujar Marc Stogaitis, Android Software Engineer Google.

Android Earthquake Alerts System untuk saat ini baru tersedia di Selandia Baru, Yunani, Turki, Filipina, Kazakhstan, Republik Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

"Kami memprioritaskan Android Earthquake Alerts System hadir di negara-negara dengan risiko gempa bumi yang lebih tinggi. Kami juga berencana akan meluncurkannya di lebih banyak negara dalam beberapa waktu mendatang," tulis Google.

2. Starred Messages

Lewat fitur ini, pengguna aplikasi Messages bisa membintangi pesan SMS tertentu termasuk foto untuk membacanya di kemudian waktu. Dengan begitu, pengguna dapat memilih pesan apa saja yang tidak ingin mereka lewatkan dan bisa dilihat di lain hari.

Baca juga: SMS di Android Bisa Dipakai Chatting Seperti WhatsApp, Begini Caranya

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.