Spotify Rilis Greenroom, Aplikasi Media Sosial Pesaing Clubhouse

Kompas.com - 18/06/2021, 09:03 WIB
Spotify Greenroom SpotifySpotify Greenroom

KOMPAS.com - Konsep media sosial berbasis audio seperti Clubhouse rupanya masih menarik perhatian sebagian perusahaan teknologi untuk menelurkan fitur atau aplikasi serupa.

Spotify pun tidak mau ketinggalan tren. Platform musik alir (streaming music) asal Stockholm, Swedia itu baru saja meluncurkan aplikasi Greenroom di platform iOS dan Android di 135 negara.

Serupa dengan Clubhouse, Greenroom merupakan jejaring sosial berbasis audio yang memungkinkan penggunamnya menggelar diskusi live serta membicarakan topik apapun mulai dari musik, olahraga, tren budaya, dan topik lainnya.

Baca juga: Pengguna Spotify Pamer Daftar Lagu Pakai Fitur Only You, Begini Caranya

Meskipun baru diresmikan, Greenroom sebenarnya tidak dibuat dari nol oleh Spotify, tapi merupakan hasil pendembangan dan rebranding aplikasi Locker Room yang dibuat oleh Betty Labs.

Spotify mengakuisisi Betty Labs bulan Maret lalu. Sebelum diakuisisi, Locker Room hanya fokus pada topik olahraga saja. Spotify pun menambahkan tampilan antarmuka khasnya yang didominasi warna hijau.

Logo dan jenis huruf yang digunakan pun disesuaikan dengan ciri khas Spotify, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (18/6/2021). 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agak berbeda dengan Clubhouse, Greenroom mengizinkan penggunanya untuk merekam percakapan dalam forum virtual yang digelar sehingga bisa didistribusikan sebagai podcast.

Baca juga: Spotify di Apple Watch Kini Bisa Download Lagu dan Podcast

Meskipun hadir dalam aplikasi yang berbeda, pengguna Spotify bisa masuk (log in) ke Greenroom menggunakan akun Spotify mereka. Dari pantauan KompasTekno di Play Store, aplikasi Greenroom belum hadir di Indonesia.

Selain peluncuran Greenroom, Spotify juga mengumumkan Creator Fund. Kampanye ini menawarkan kompensasi bagi para kreator Greenroom jika forum diskusi mereka populer dan tentunya menghasilkan engagement yang menarik penyedia platform.

Sebelum Spotify, beberapa perusahaan media sosial lain sudah lebih dulu meluncurkan fitur mirip Clubhouse. Di antaranya adalah Twitter dengan Spaces, Telegram dengan Voice Chat 2.0, dan Facebook dengan Live Audio Rooms.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.