Facebook Perkenalkan Fitur Pencegah Keributan di Grup

Kompas.com - 18/06/2021, 10:24 WIB
Ilustrasi Facebook ZDNet.comIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Facebook mengumumkan sejumlah fitur baru untuk admin grup Facebook. Fitur tersebut berguna untuk memoderasi percakapan dan mencegah terjadinya konflik atau keributan di dalam komunitas.

Salah satu fitur yang diperkenalkan bernama "Conflict Alerts". Sesuai namanya, fitur ini bisa memberi admin peringatan bila terdeteksi ada interaksi yang mengarah pada konflik di dalam grup.

Dengan adanya fitur ini, admin grup diharapkan dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah terjadinya perselisihan di antara pengguna Facebook di dalam grup tersebut.

Tampilan fitur Conflict Alerts bagi admin grup Facebook.The Verge Tampilan fitur Conflict Alerts bagi admin grup Facebook.
Juru bicara Facebook menjelaskan, fitur Conflict Alerts ini bekerja menggunakan teknologi machine learning.

Baca juga: Inikah Smartwatch Pertama Buatan Facebook?

Sistem kecerdasan buatan (AI) Facebook akan melihat beberapa tanda-tanda untuk menentukan apakah interaksi di grup mengarah pada konflik atau tidak.

Sistem AI pada fitur Conflict Alerts ini disebut tak selalu tepat dan masih berpotensi keliru mengartikan interaksi anggota grup yang bersifat humor dan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, ada beberapa tanda-tanda yang dijadikan acuan untuk mengirimkan peringatan konflik kepada admin ini grup.

Termasuk soal banyaknya komentar yang dikirimkan dalam satu waktu, waktu balasan dari komentar, hingga penggunaan kata kasar.

Bila interaksi anggota grup terdeteksi mengarah pada konflik, admin akan melihat notifikasi di tab Moderation Alert di bagian "conflict".

Untuk saat ini, fitur ini masih dalam tahap uji coba. Belum diketahui pasti kapan Facebook akan menggelontorkan fitur Conflict Alerts ini secara resmi.

Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X