Cara Edit File PDF di Microsoft Word dan Google Drive

Kompas.com - 19/06/2021, 17:18 WIB
Ilustrasi file dalam format PDF. KasperskyIlustrasi file dalam format PDF.

KOMPAS.com - File atau dokumen dalam format Portable Document Format (PDF) menawarkan sejumlah keunggulan. Salah satunya adalah menjamin tampilan dokumen tetap terlihat sama saat diterima oleh pengguna lain.

Kelebihan lainnya adalah file PDF dapat diakses melalui banyak perangkat, termasuk PC dan ponsel. Bahkan, dokumen dalam bentuk PDF juga bisa dibuka melalui browser, seperti Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan Chrome.

Kendati demikian, file dalam bentuk PDF sulit untuk diedit karena harus membutuhkan aplikasi Adobe.

Kabar baiknya, sejumlah aplikasi lain kini juga dapat digunakan untuk mengedit file PDF. Beberapa di antaranya termasuk Microsoft Word dan Google Drive.

Lalu, bagaimana cara mengedit file PDF di Microsoft Word dan Google Drive? Berikut ini cara mengedit file PDF di Microsoft Word dan Google Drive, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 91mobiles, Sabtu (19/6/2021).

Baca juga: Cara Menyimpan Lampiran Gmail sebagai File PDF, Langsung dari Browser

Cara mengedit file PDF di Microsoft Word

Pertama, buka aplikasi Microsoft pada PC Anda. Selanjutnya, klik menu File dan pilih opsi Open.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cari dan pilih file PDF yang ingin diedit lalu klik Open untuk membuka file tersebut.

Apabila file dengan format PDF tidak ditemukan, ubah keterangan format file dari Word Documents menjadi All Files.

Setelah file terbuka, Anda dapat mengedit file tadi secara bebas. Untuk menyimpan file, klik menu File dan pilih Save atau Save As.

Perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya akan bekerja dengan baik pada file PDF yang hanya mengandung kalimat berupa teks.

Baca juga: Pendiri Adobe Sekaligus Penemu PDF Tutup Usia

Cara mengedit file PDF di Google Drive

Buka browser dan akses laman Google Drive melalui tautan berikut. Kemudian, klik tombol New yang terletak di sisi kiri laman dan pilih opsi File Upload.

Pilih file dengan format PDF untuk mengunggah file tersebut ke Google Drive. Buka file tersebut dengan memilih opsi Open with Google Docs.

Setelah file di edit, klik Save untuk menyimpan dokumen. File tersebut juga dapat diunduh, caranya dengan memilih opsi File > Download.



Sumber 91Mobiles
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X