Ini Bedanya Opsi "To", "Cc", dan "Bcc" Saat Kirim E-mail

Kompas.com - 20/06/2021, 18:02 WIB
Ilustrasi Gmail. TomsGuideIlustrasi Gmail.

KOMPAS.com -  Saat hendak berkirim e-mail, pengguna biasanya akan memasukkan alamat e-mail orang yang dituju pada kolom "To". Selain itu ada dua kolom lain dengan keterangan "Cc" dan "Bcc".

Kolom-kolom ini sama-sama bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengirim e-mail  berikut salinannya ke alamat e-mail orang lain, tapi ada perbedaan penting di antara ketiganya.

Baca juga: Cara Mencari E-mail Berdasarkan Kriteria Tertentu di Gmail

Penjelasannya sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari How to Geek, Minggu (20/6/2021).

Kirim e-mail dengan opsi "To"

Ketika ingin mengirim e-mail, pengguna biasanya akan mengisi kolom "To" dengan alamat e-mail orang yang dituju.

Bila ingin mengirim e-mail yang sama ke banyak penerima sekaligus, pengguna tinggal mencantumkan daftar alamat e-mail yang dituju di kolom "To" itu.

Dengan begitu, seluruh penerima yang alamat e-mailnya dicantumkan pada kolom "To" akan mendapatkan e-mail yang sama. Konsekuensi lainnya, masing-masing penerima di kolom "To" itu, juga bisa melihat alamat e-mail penerima lain yang ikut menerima e-mail tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam satu e-mail yang sama, pengguna bisa mengirimkan satu e-mail ke ratusan pengguna sekaligus. Namun, mungkin ada batasan yang terapkan oleh penyedia layanan.

Gmail dari Google, misalnya, menerapkan aturan batas maksimal e-mail yang dapat dikirim penggunanya dalam sehari, yaitu sebanyak 500 e-mail.

Baca juga: Fitur Privasi di iOS 15 Bisa Sembunyikan Alamat IP dan E-mail

Pengguna Gmail pun hanya bisa mengirimkan satu e-mail kepada 500 penerima sekaligus per hari. Sebagaimana dihimpun dari laman Support Google, bila pengguna melebihi batas maksimal itu, pengguna tak akan bisa mengirimkan e-mail dalam kurun waktu 24 jam.

Kirim e-mail dengan opsi "Cc"

CC merupakan singkatan dari "Carbon Copy" (salinan carbon), merujuk pada kertas karbon yang biasa digunakan untuk menyalin tulisan, seperti pada kuitansi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X