Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tamagotchi Lahir Kembali dalam Bentuk Smartwatch

Kompas.com - 21/06/2021, 06:41 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Permainan lawas Tamagotchi kini "hidup" lagi dengan tampilan lebih modern.
Permainan Tamagotchi pertama kali hadir pada bulan November 1996 dalam sebuah perangkat berbentuk mirip telur dengan layar LCD monokrom.

Kini, dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-21, game buatan perusahaan asal Jepang Bandai Namco ini lahir kembali dalam bentuk wearable device serupa smartwatch yang bisa dikenakan di pergelangan tangan. Namanya, Tamagotchi Smart.

Baca juga: Tamagotchi Kini Bisa Dipelihara di Android dan iOS

Jam tangannya pun terlihat mirip dengan perangkat orisinilnya dulu, yakni serupa bentuk telur dengan warna-warna pastel yang lucu. Pengguna bisa memanggil hewan peliharaan virtualnya melalui mikrofon atau membelai mereka melalui touchscreen LCD.

Tamagotchi Smart dibekali baterai yang diklaim bisa bertahan hingga 30 jam. Pengisian dayanya dilakukan melalui USB.

Selain game Tamagotchi, wearable device ini juga memiliki fitur jam digital dan pedometer (alat pengukur langkah). Berdasarkan video promosi yang dirilis Bandai, kemungkinan smartwatch ini bisa digunakan pula untuk mendengarkan musik.

Dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (21/6/2021), Tamagotchi Smart sekarang baru dijual di Jepang melalui mekanisme undian tanggal 17 Juli hingga 2 Juli 2021. Banderolnya dipatok seharga 7.480 yen ataou sekitar Rp 984.000.

Baca juga: Monopoly Hadirkan Asistensi Suara untuk Bantu Mengelola Permainan

Bandai turut menjual aksesori smart card "TamSma Cards" seharga 1.100 yen (sekitar Rp 145.000) yang bisa disisipkan ke perangkat ini untuk mendapatkan karakter dan item eksklusif.

Penjualan perdana Tamagotchi Smart di Negeri Sakura dijadwalkan pada 23 November mendatang. Masih belum diketahui apakah Tamagotchi Smart akan dirilis secara internasional atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com