Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mencari Filter Baru untuk Mempercantik Instagram Stories

Kompas.com - 21/06/2021, 20:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian pengguna Instagram lebih gemar mengunggah Stories ketimbang feed. Salah satunya adalah karena banyak fitur-fitur Stories yang menarik. Mulai dari emoji, stiker, GIF, hingga yang agak baru adalah filter.

Tidak hanya filter berupa efek biasa seperti di kebanyakan aplikasi edit foto. Banyak pula kreator yang memanfaatkan teknologi realitas ganda (augmented reality/AR) untuk membuat aneka filter yang tidak hanya menarik tapi juga mempercantik.

Saking menariknya, beberapa orang lebih memilih mengambil foto atau video langsung dari lensa Instagram yang telah dipasangi filter, ketimbang mengambil gambar dari kamera ponsel dan menyuntingnya lebih dulu di aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: Cara Menambah Banyak Foto di Instagram Stories Tanpa Aplikasi Tambahan

Memasang filter Instagram tidaklah sulit. Instagram telah menyediakan deretan filter buatannya dan beberapa kreator. Deretan filter itu bisa ditemukan di sisi bawah layar, segaris dengan tombol "shutter" (tombol ambil foto/rekam video).

Jika bosan dengam pilihan filter yang standar, pengguna bisa mencari filter lain. Berikut ini tiga cara mencari filter baru di Instagram untuk mempercantik Instagram Stories yang dihimpun KompasTekno, Senin (21/6/2021).

Cara mencoba filter dari unggahan Instagram Stories orang lain

Biasanya inspirasi membuat Instagram Stories yang menarik terilhami dari Stories milik teman.
Jika ingin menggunakan filter yang sama, cukup klik nama kreator filter yang ada di sisi atas layar, tepatnya berada di bawah username. Kemudian, pilih "try it".

Cara cari filter Instagram Stories dengan meniru filter yang digunakan teman.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara cari filter Instagram Stories dengan meniru filter yang digunakan teman.

Lanjutkan dengan mengambil gambar atau merekam video dengan menekan tombol shutter yang telah terpasang filter tersebut. Jika tertarik menjadikannya filter favorit, pilih opsi "save effect".

Filter yang disimpan akan ditambahkan ke deretan koleksi filter Instagram Stories di sisi bawah layar.

Cara menambah filter Instagram Stories dengan browsing di kolom pencarian

Ingin mengeksplorasi lebih banyak filter? Tentu saja hal itu bisa dilakukan. Setelah membuka Instagram Stories, geser deretan koleksi filter ke kiri hingga menemukan ikon pencarian yang disimbolkan dengan kaca pembesar.

Baca juga: Instagram Stories Bisa Tampilkan Caption Otomatis

Klik ikon tersebut untuk menemukan aneka macam filter lainnya. Di sisi atas terdapat tab kategori filter agar lebih mudah mencari filter yang cocok. Jika tertarik dengan salah satu filter, klik lalu pilih "try it" untuk mencobanya.

Cara cari filter Instagram Stories dengan fitur pencarian.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara cari filter Instagram Stories dengan fitur pencarian.

Bisa juga menyimpan filter dengan cara mengklik ikon unduh yang ada di sisi kanan bawah layar, berdekatan denfan ikon "share" yang disimbolkan dengan gambar pesawat kertas. Jika filter telah tersimpan maka tanda anak panah ke bawah akan berubah menjadi tanda centang.

Pencarian filter juga bisa dilakukan dengan mengklik salah satu filter. Kemudian klik anak panah ke bawah dan pilih "browse effects". Nantinya, pengguna akan diarahkan ke laman pencarian filter yang sama seperti cara sebelumnya.

Apabila penasaran dengan koleksi filter buatan kreator tertentu, pilih opsi "see more by this account" yang nantinya akan diarahkan menuju laman profil kreator.

Cara cari filter Instagram Stories dengan cara browsing effect dan cara menyimpan filter Instagram Stories (ujung kanan).Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara cari filter Instagram Stories dengan cara browsing effect dan cara menyimpan filter Instagram Stories (ujung kanan).

Bisa juga melalui opsi "view effect page" yang akan menampilkan siapa saja orang yang menggunakan filter miliknya dalam Reels.

Sayangnya, Reels belum hadir di Indonesia. Namun, pengguna Instagram Indonesia sudah bisa melihat video-video Reels yang menggunakan filter sang kreator.

Cara menambah filter Instagram Stories dari kreator favorit

Jika memiliki kreator filter favorit, pengguna bisa mencari koleksi filter buatannya di laman profilnya.

Baca juga: Instagram Kini Tampilkan Waktu yang Tersisa Sebelum Stories Menghilang

Caranya bisa dengan langsung menuju laman profil sang kreator. Kemudian cari ikon filter yang biasanya disimbolkan dengan gambar tiga buah bintang yang membentuk serupa kilauan. Biasanya, ikon filter bersebelahan dengan ikon "tagging".

Cara mencari koleksi filter Instagram Stories kreator favorit.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara mencari koleksi filter Instagram Stories kreator favorit.

Pencarian nama kreator bisa dilakukan melalui kolom pencarian di menu explore. Bisa juga dilakukan melalui kolom pencarian di menu "browse effect".

Jika tidak ingin ketinggalan aneka filter baru buatan kreator favorit, jangan lupa untuk follow (ikuti) akunnya. Sedikit catatan, jika akun kreator dikunci (private), filter tidak bisa digunakan secara umum dan hanya bisa digunakan para followers (pengikut).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com