Ini Daftar Wilayah yang Mendapat Jaringan 5G Indosat

Kompas.com - 22/06/2021, 19:20 WIB
 Logo Indosat Ooredoo (DOK. Indosat) Logo Indosat Ooredoo

KOMPAS.com - Indosat Ooredoo menjadi operator seluler kedua di Indonesia yang resmi menggelar jaringan 5G secara komersil. Untuk tahap awal, ada lima kota yang lebih dulu kebagian sinyal 5G Indosat Ooredo.

Kota-kota tersebut mencakup Jakarta, Solo, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan. Namun, tidak semua area di kota tersebut terjangkau sinyal 5G Indosat Ooredoo.

"Kami memilih area-area tertentu yang memang ada secara point of interest-nya, penggunanya ada, secara pengguna handset 5G ada, secara eksositem udah ada," jelas Shatya Framudia, SVP-Head of Business Planning, dalam acara peluncuran layanan 5G Indosat, Selasa (22/6/2021).

Shatya memberikan contoh beberapa area seperti Balai Kota, sekolah, dan sebagainya akan mendapat layanan 5G Indosat Ooredoo. Adapun lima lokasi yang mendapat sinyal 5G Indosat Ooredoo pada tahap awal ini adalah sebagai berikut:

  • Jakarta: Area Monas
  • Solo: Area Inner City
  • Surabaya: Area Genteng
  • Balikpapan: Area Gunung Bahagia
  • Makassar: Area Pettarani

Kendati demikian, Shatya tidak memberi info lebih rinci titik mana saja yang akan terjangkau sinyal 5G Indosat. Sebagai contoh, Sinyal 5G Telkomsel hadir di titik-titik tertentu misalnya di wilayah residensial, Provence Parkland di BSD, dan Bukit Golf Mediterania di PIK.

Baca juga: Layanan 5G Indosat Ooredoo Resmi Meluncur, Perdana di Solo

Shatya menambahkan, ke depannya Indosat akan memperluas cakupan area layanan 5G ke lebih banyak lokasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami akan kembangkan terus secara jaringan, baik yang sifatnya investasi maupun konfigurasi," imbuhnya.

Indosat Ooredoo memanfaatkan pita frekuensi di 1.800 MHz (1,8 GHz) dengan lebar pita 20 Mhz di rentang 1837,5-1857,5 MHz untuk menggelar jaringan internet generasi kelima itu.

Untuk menikmati layanan mutakhir ini, ada beberapa syarat yang dipenuhi. Pertama, pegguna Indosat harus menggunakan kartu USIM yang digunakan untuk koneksi jaringan 4G. Artinya, jika kartu sudah diaktifkan dengan layanan 4G, pengguna tidak perlu mengganti kartu SIM.

Perangkat juga harus mendukung band n3 yang mendukung layanan 5G Indosat, sekaligus dukungan software dan firmware. Perangkat juga harus lebih dulu buka kunci (unlock) untuk bisa menjalankan layanan 5G.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.