Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Wilayah yang Mendapat Jaringan 5G Indosat

Kompas.com - 22/06/2021, 19:20 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indosat Ooredoo menjadi operator seluler kedua di Indonesia yang resmi menggelar jaringan 5G secara komersil. Untuk tahap awal, ada lima kota yang lebih dulu kebagian sinyal 5G Indosat Ooredo.

Kota-kota tersebut mencakup Jakarta, Solo, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan. Namun, tidak semua area di kota tersebut terjangkau sinyal 5G Indosat Ooredoo.

"Kami memilih area-area tertentu yang memang ada secara point of interest-nya, penggunanya ada, secara pengguna handset 5G ada, secara eksositem udah ada," jelas Shatya Framudia, SVP-Head of Business Planning, dalam acara peluncuran layanan 5G Indosat, Selasa (22/6/2021).

Shatya memberikan contoh beberapa area seperti Balai Kota, sekolah, dan sebagainya akan mendapat layanan 5G Indosat Ooredoo. Adapun lima lokasi yang mendapat sinyal 5G Indosat Ooredoo pada tahap awal ini adalah sebagai berikut:

  • Jakarta: Area Monas
  • Solo: Area Inner City
  • Surabaya: Area Genteng
  • Balikpapan: Area Gunung Bahagia
  • Makassar: Area Pettarani

Kendati demikian, Shatya tidak memberi info lebih rinci titik mana saja yang akan terjangkau sinyal 5G Indosat. Sebagai contoh, Sinyal 5G Telkomsel hadir di titik-titik tertentu misalnya di wilayah residensial, Provence Parkland di BSD, dan Bukit Golf Mediterania di PIK.

Baca juga: Layanan 5G Indosat Ooredoo Resmi Meluncur, Perdana di Solo

Shatya menambahkan, ke depannya Indosat akan memperluas cakupan area layanan 5G ke lebih banyak lokasi.

"Kami akan kembangkan terus secara jaringan, baik yang sifatnya investasi maupun konfigurasi," imbuhnya.

Indosat Ooredoo memanfaatkan pita frekuensi di 1.800 MHz (1,8 GHz) dengan lebar pita 20 Mhz di rentang 1837,5-1857,5 MHz untuk menggelar jaringan internet generasi kelima itu.

Untuk menikmati layanan mutakhir ini, ada beberapa syarat yang dipenuhi. Pertama, pegguna Indosat harus menggunakan kartu USIM yang digunakan untuk koneksi jaringan 4G. Artinya, jika kartu sudah diaktifkan dengan layanan 4G, pengguna tidak perlu mengganti kartu SIM.

Perangkat juga harus mendukung band n3 yang mendukung layanan 5G Indosat, sekaligus dukungan software dan firmware. Perangkat juga harus lebih dulu buka kunci (unlock) untuk bisa menjalankan layanan 5G.

Kemudian, pengguna juga harus berada di wilayah yang terjangkau jaringan 5G Indosat Ooredoo. Setelah memenuhi syarat tersebut, pengguna bisa berlangganan paket internet Indosat yang mendukung layanan 5G.

Untuk paket, Indosat belum menawarkan paket khusus 5G saat ini. Pengguna prabayar maupun pascabayar bisa membeli paket yang sudah ada, yakni Freedom Internet dan Prime untuk membeli kuota 5G Indosat.

Baca juga: Daftar Ponsel Oppo yang Bisa Terhubung 5G Indosat

Harga paket bervariasi, namun Shatya mengatakan untuk bisa menikmati akses 5G, harga paket yang bisa digunakan berkisar di angka Rp 100.000.

"Kita pilih paket mana yang relevan untuk 5G, sejauh ini di atas Rp 100.000 yang kita tawarkan di tahap awal," kata Shatya.

Informasi mengenai paket dan perangkat apa saja yang mendukung jaringan 5G Indosat Ooredoo bisa dilihat di situs berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com