AMD FidelityFX Super Resolution Resmi Dirilis, Ini Daftar Game yang Mendukung

Kompas.com - 23/06/2021, 09:53 WIB
Ilustrasi game Godfall. Counterplay GamesIlustrasi game Godfall.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Usai diperkenalkan awal bulan ini, AMD akhirnya resmi merilis teknologi pengolah gambar FidelityFX Super Resolution (FSR) yang merupakan pesaing Deep Learning Super Samplng (DLSS) milik Nvidia.

Seperti DLSS, FSR adalah teknologi upscaling untuk meningkatkan kinerja game dengan cara melakukan rendering di resolusi lebih rendah, kemudian memperbesardan meningkatkan kualitas gambarnya agar mirip dengan tampilan di resolusi native.

Baca juga: Mengenal FidelityFX Super Resolution, Teknologi AMD Pesaing Nvidia DLSS

Di hari peluncurannya, ada sejumlah game populer yang sudah mendukung teknologi FSR, seperti Anno 1800, Evil Genius 2, Godfall, hingga Kingshunt.

Godfall sendiri menjadi game yang digunakan AMD di ajang Computex 2021 awal Juni ini untuk memamerkan kebolehan FSR.

Game Godfall yang berjalan di GPU Radeon RX 6800 XT menggunakan fitur AMD FSR.AMD Game Godfall yang berjalan di GPU Radeon RX 6800 XT menggunakan fitur AMD FSR.

Pada momen tersebut, FSR diklaim mampu mendongkrak frame rate GPU Radeon RX 6800 XT di game Godfall (4K, Epic Preset + Raytracing) dari 49 FPS secara native menjadi 150 FPS dengan setting Performance.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

AMD juga sempat mendemonstrasikan kemampuan FSR menggunakan GeForce GTX 1060 yang merupakan GPU paling banyak dipakai di kalangan gamer, menurut survei bulanan Steam.

Di GPU tersebut dengan fitur FSR aktif, Godfall (1440p, Epic Preset) diklaim mampu berjalan dengan frame rate 38 FPS, meningkat 41 persen dari native frame rate 27 FPS.

Beberapa situs luar negeri sudah menerbitkan ulasan mengenai FSR serta perbandingannya dengan rendering di resolusi native dan DLSS.

Sebagian besar menyimpulkan bahwa FSR memang bisa menghasilkan peningkatan kinerja signifikan dengan upscaling, tapi kualitas gambarnya tak sebagus DLSS (versi 2) yang menggunakan akselerasi hardware dengan tensor cores di GPU GeForce seri RTX.

Selain beberapa game populer yang sudah disebutkan di atas, AMD juga mengklaim teknologi FSR akan menyambangi sejumlah game lainnya, seperti Far Cry 6, Resident Evil Village, hingga DOTA 2 dalam waktu dekat.

Game yang mendukung teknologi AMD FidelityFX Super Resolution di tahap peluncuran.AMD Game yang mendukung teknologi AMD FidelityFX Super Resolution di tahap peluncuran.

Halaman:


Sumber GSM Arena
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.