Fitur Reels dan Instagram Music Resmi Hadir di Indonesia

Kompas.com - 23/06/2021, 12:37 WIB
ilustrasi Instagram user businessinsider.comilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Setelah lama dinanti, fitur video pendek Reels dan stiker musik akhirnya resmi hadir untuk pengguna Instagram di Indonesia. Dua fitur tersebut sudah bisa menikmati mulai hari ini, Rabu (23/6/2021).

Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, mengatakan bahwa kedua fitur ini hadir untuk memanjakan pengguna khususnya bagi mereka yang gemar berekspresi melalui media sosial.

"Kami melihat bahwa Instagram adalah rumah bagi para kreator untuk mengekspresikan dirinya lewat konten-konten yang dibagikan. Untuk itu, Reels dan Music ini bisa menjadi pelengkap bagi mereka," tutur Lydian dalam sesi conference call, Rabu (23/6/2021).

Sebelumnya, Instagram Music telah dirilis sejak pertengahan 2018 lalu. Sementara, Reels pertama kali diperkenalkan oleh Instagram pada November 2019 lalu.

Instagram Music

Fitur Instagram MusicInstagram Fitur Instagram Music
Instagram Music adalah fitur yang memungkinkan pengguna dapat menyisipkan potongan lagu ke dalam sebuah posting video untuk Stories.

Baca juga: Instagram Ungkap Rahasia dan Cara Kerja Algoritma Mereka

Fitur ini muncul di menu Sticker yang terdapat pada Stories. Ketika diklik, pengguna akan menjumpai koleksi lagu baik dari musisi lokal maupun luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di dalamnya, ada dua kolom yang tersedia yaitu "For You" untuk koleksi lagu yang direkomendasikan dan "Browse" yang merupakan kolom kategori lagu yang diurutkan berdasarkan genre.

Director of Entertainment Partnership Facebook Indonesia, Revie Sylviana, menuturkan bahwa semua musik yang disediakan telah mendapat izin dari pihak label sehingga aman dipakai untuk membuat konten.

"Kami (Instagram) memastikan bahwa lagu yang tersedia di dalam Music sudah mendapatkan izin lisensi dan aman untuk digunakan," jelas Sylviana.

Fitur Instagram MusicInstagram Fitur Instagram Music
Menyisipkan musik ke dalam Stories bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna cukup merekam video atau memotret foto Stories seperti biasa, kemudian mengakses menu Sticker.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X