Kompas.com - 23/06/2021, 20:07 WIB
ilustrasi pengguna smart TV cnet.comilustrasi pengguna smart TV

KOMPAS.com - Keberadaan perangkat televisi pintar (Smart TV) telah menjamur di pasaran. Masyarakat kini dapat dengan mudah mendapatkan smart TV melalui sejumlah marketplace.

Smart TV menawarkan keunggulan berupa kemudahan akses layanan siaran TV berkat fiturnya yang terbilang lebih canggih. Namun, smart TV bukanlah satu-satunya jenis perangkat yang menawarkan benefit serupa.

Android TV di sisi lain menjadi perangkat yang turut dilengkapi dengan fitur yang serupa smart TV. Sekilas, Android TV mungkin terlihat mirip dengan smart TV, namun ada beda smart TV dan Android TV.

Baca juga: Ingin Tahu TV Anda Sudah Digital atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

Tak jarang masih ada yang belum bisa membedakan antara smart TV dan Android TV. Lantas, apa beda smart TV dan Android TV?

Pada dasarnya, Smart TV adalah perangkat TV yang bisa mengalirkan konten lewat internet. Jadi TV apa pun yang menawarkan konten online, tak peduli merek dan sistem operasinya, bisa disebut smart TV.

Sedangkan Android TV adalah bagian dari smart TV, bedanya adalah Android TV menjalankan sistem operasi Android.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Smart TV lain yang menjalankan OS non Android juga ada, seperti Tizen di TV Samsung, webOS di TV LG, dan tvOS di perangkat Apple.

Untuk lebih detailnya, berikut pembahasan Smart TV dan Android TV.

Smart TV

Beda smart TV dan Android TV, dilihat dari fungsi dasarnya, smart TV terbilang jauh lebih unggul dibandingkan analog TV. Selain dapat mengakses siaran TV digital, perangkat ini sudah dilengkapi dengan beragam aplikasi hiburan.

Baca juga: Cara Mengubah TV Biasa Menjadi TV Digital

Smart TV dapat terhubung ke internet sehingga dapat digunakan untuk mengakses beragam aplikasi video-on-demand, seperti Netflix, Amazon Prime, dan Disney Hotstar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.