Kisah John McAfee, Jutawan Antivirus Kontroversial yang Hidupnya Berakhir di Bui

Kompas.com - 24/06/2021, 11:32 WIB
John McAfee kembali dijerat hukum atas dugaan penipuan dan pencucian uang. Anthony Kwan via CNNJohn McAfee kembali dijerat hukum atas dugaan penipuan dan pencucian uang.

KOMPAS.com - John McAfee dinyatakan tewas bunuh diri dalam sebuah sel yang didekamnya di penjara Barcelona, Spanyol pada Rabu (23/6/2021) lalu.

Pemilik nama lengkap John David McAfee itu dikenal sebagai pendiri perusahaan software antivirus McAfee.

John McAfee lahir di Skotlandia pada 18 September 1945 oleh pasangan ibu asal Inggris dan ayah dari AS. Semasa kanak-kanak, McAfee tinggal bersama orang tuanya di Roanoke, Virginia.

Di umurnya yang masih belia, McAfee tumbuh di lingkungan keluarga yang buruk. Sang ayah diketahui merupakan pecandu alkohol berat.

Baca juga: Pendiri Antivirus McAfee Meninggal Bunuh Diri di Penjara

Ketika menginjak umur 15 tahun, McAfee harus menerima kenyataan pahit dari tindakan ayahnya yang nekat bunuh diri menggunakan senapan api.

Akibat dari tindakan tersebut dan ditambah dengan beragam masalah lain yang datang dari keluarganya, McAfee mulai mencari solusi dengan melakukan hal-hal buruk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mulai kecanduan minum-minuman keras dan mulai menggunakan narkoba. Hal ini turut memengaruhi perilaku McAfee yang menjadi cenderung liar.

Namun terlepas dari kebiasaan buruknya, McAffee dikenal sebagai anak yang cerdas. McAfee berhasil lulus dengan meraih gelar sarjana matematika di Universitas Roanoke pada tahun 1967.

Ia kemudian melanjutkan jenjang pendidikannya untuk meraih gelar PhD (Doctor of Philosophy) dalam studi bidang matematika di Northeast State Louisiana State College.

Sayang, gelar tersebut harus dicabut akibat perlakuan seksual yang dilakukannya. Sebab McAfee diketahui telah melakukan hubungan intim dengan seorang siswa yang dibimbingnya.

Karir

Semakin beranjak dewasa, McAfee tumbuh sebagai seorang pemuda yang sangat cerdas dalam bidang pemrograman.

Ia bahkan sempat mendapatkan pekerjaan di organisasi-organisasi terkenal, dan berhasil terlepas dari ketergantungan alkohol dan narkoba.

McAfee mulai merintis karirnya di bidang ilmu komputer. Ia berhasil mendapatkan posisi sebagai programmer di NASA Institute for Space Studies di New York pada 1968.

Baca juga: Pencipta Antivirus McAfee Berambisi Jadi Presiden AS

Setelah bekerja di sana selama beberapa tahun, McAfee kemudian pindah ke Univac untuk bekerja sebagai perancang software.

Pada pertengahan 1970-an, McAfee kemudian dipekerjakan sebagai arsitek sistem operasi di Xerox. Ia kemudian bergabung dengan perusahaan Computer Sciences Corporation sebagai konsultan perangkat lunak pada tahun 1978.

Foto tanggal 12 Desember 2012 memperlihatkan pendiri antivirus McAfee, John McAfee, sedang menelepon sambil berjalan di Ocean Dive, area selatan Pantai Miami, Florida, Amerika Serikat.AP PHOTO/ALAN DIAZ Foto tanggal 12 Desember 2012 memperlihatkan pendiri antivirus McAfee, John McAfee, sedang menelepon sambil berjalan di Ocean Dive, area selatan Pantai Miami, Florida, Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X