Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno6 Punya Fitur Bokeh Otomatis Saat Rekam Video

Kompas.com - 26/06/2021, 07:13 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo mengonfirmasi bahwa smartphone teranyarnya, Reno6 dipastikan akan diboyong ke Indonesia dalam waktu dekat.

Sebelum peluncuran resmi di Tanah Air, bentuk dan tampilan Oppo Reno6 juga sudah ditampilkan secara sekilas oleh Oppo, melalui salah satu video live stream PUBG MOBILE National Championship (PMNC) 2021.

Kali ini, Oppo kembali menggoda penggemar terkait kehadiran Reno6, dengan mengunggah video singkat di kanal YouTube resminya. Video itu berisi salah satu fitur unggulan yang akan dibawa ponsel tersebut, yaitu fitur Bokeh Flare Potrait.

Baca juga: Bocor, Begini Penampakan Oppo Reno6 di Turnamen PUBG

Dengan menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa merekam video dengan latar belakang bokeh saat malam hari. Hasil fitur ini akan semakin terlihat bila latar belakang objek video terdapat banyak cahaya atau lampu.

Penggemar Oppo mungkin sudah tak asing dengan nama fitur Bokeh Flare Potrait pada Reno6 ini. Sebenarnya, Oppo juga pernah menggunakan penamaan yang hampir mirip pada fitur foto di smartphone Reno4 yang dirilis Agustus 2020, yaitu fitur Night Flare Portrait.

Nah, cara kerja kedua fitur ini pada prinsipnya sama, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (26/6/2021).

Fitur Night Flare Portrait didukung oleh algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh. Sehingga bisa menghasilkan hasil foto bokeh saat malam hari.

Bila pada Reno4 fitur night flare potrait hanya bisa digunakan untuk memotret foto, kini Oppo meningkatkan kemampuan fitur tersebut dengan Bokeh Flare Potrait pada perekaman video.

Dengan algoritma AI Oppo Reno6, ponsel ini secara otomatis akan memberikan efek bokeh bila mendeteksi ada banyak cahaya atau lampu saat perekaman video. Oppo mengklaim, fitur Bokeh Flare Potrait pada Reno6 ini tetap akan membuat objek dalam video terlihat terang dan juga jelas.

Fitur unggulan bernama Bokeh Flare Potrait pada Oppo Reno6.Oppo Indonesia Fitur unggulan bernama Bokeh Flare Potrait pada Oppo Reno6.

Dalam video singkat berdurasi 15 detik itu, tampang Reno6 semakin terlihat jelas. Misalnya, ponsel ini akan mengusung punch hole atau lubang kecil di bagian pojok kiri atas layar, sebagai rumah dari kamera selfie miliknya.

Lalu, dari segi desain layar, Reno6 juga terlihat masih mengusung struktur 3D curved seperti pendahulunya, Reno5.

Baca juga: Bocoran Fitur Gaming di Oppo Reno6, Loading Game Cepat

Di bagian punggung, Oppo terlihat masih membekali Reno6 dengan tiga kamera belakang. Modul tempat ketiga kamera belakang itu dibenamkan juga identik dengan Reno5, yakni berbentuk persegi panjang yang membulat di bagian sisi-sisinya.

Meski sudah dikonfirmasi akan masuk pasar Indonesia, serta sudah memberikan bocoran soal bentuk dan fitur yang akan dibawa Reno6, pihak Oppo Indonesia sendiri masih belum mengungkap tanggal perilisan resmi Reno6 ini di Indonesia.

Bocoran spesifikasi Reno6

Bila mengacu pada spesifikasi Reno6 yang diluncurkan di China, ponsel ini akan mengusung layar AMOLED seluas 6,43 inci dengan resolusi 1.080 x 2.400 piksel.

Sektor fotografi Oppo Reno6 mencakup kamera utama 64 MP (f/1.7, PDAF), kamera ultra wide 8 MP (f/2.2, 119 derajat), serta kamera makro 2 MP (f/2.4).

Baca juga: Oppo Reno6 Dipastikan Segera Masuk Indonesia, Ini Spesifikasinya

Ponsel ini "diotaki" dengan chip MediaTek MT6877 Dimensity 900 5G (6 nm) yang dipadankan dengan pilihan RAM dan storage, masing-masing 8 GB/128 GB dan 12 GB/256 GB.

Pada sektor daya, Oppo Reno6 disokong baterai berkapasitas 4.300 mAh dengan dukungan fast charging 65W. Di China, Reno6 dibanderol sekitar Rp 6,2 juta dan Rp7,1 juta.

Meski demikian, Oppo Reno6 yang akan hadir di Indonesia tidak akan mengusung spesifikasi yang sepenuhnya mirip dengan versi China.

Hal ini terjadi karena penyesuaian dengan kondisi dan permintaan pasar Tanah Air. Sebab sebelumnya, Oppo mengklaim telah mengadakan survei untuk menerima umpan balik dari produk yang telah dipasarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com