Kompas.com - 26/06/2021, 12:10 WIB

KOMPAS.com - Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi Windows terbarunya yaitu Windows 11, pada Kamis (24/6/2021). Windows 11 merupakan penerus dari Windows 10 yang diperkenalkan pada 2015 lalu.

Sebagai suksesor, Windows 11 membawa perombakan besar-besaran, mulai dari desain, peningkatan fitur, hingga dukungan aplikasi Android.

Berikut ini adalah sejumlah perbedaan signifikan antara Windows 11 dengan Windows 10, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Fossbytes, Sabtu (26/6/2021).

1. Tampilan antarmuka (UI)

Perbedaan Windows 11 dan Windows 10Fossbytes Perbedaan Windows 11 dan Windows 10
Perbedaan yang mencolok antara Windows 11 dengan Windows 10 adalah tampilan antarmuka (UI).

Windows 11 kini hadir dengan tampilan yang lebih segar dan minimalis, khususnya di bagian taskbar dan menu start. Kini, menu-menu itu tidak lagi berada di sebelah kiri seperti yang ada di Windows 10.

Microsoft menggesernya ke sisi tengah sehingga terlihat mirip dengan antarmuka MacOS. Menu start pun juga ikut pindah ke sisi tengah.

Meski begitu, beberapa item, seperti jam, koneksi, atau baterai masih berada di sisi kanan taskbar.

Baca juga: Resmi Meluncur, Kapan Windows 11 Bisa Di-download?

Ikon menu start juga turut dirombak. Logo tersebut kini mengusung sudut yang membulat alias tidak kaku.

Tidak hanya di bagian ikon, tampilan jendela (Windows) juga memiliki sudut yang lebih membulat, alih-alih tajam seperti windows lama.

Perbedaan lain antara keduanya juga terlihat dari absennya fitur Live Tiles di Windows 11. Live Tiles sendiri merupakan salah satu fitur Windows yang menampilkan kolom notifikasi yang mencakup informasi seperti cuaca, kalender, atau informasi lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.