Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telegram Kedatangan Fitur Group Video Call

Kompas.com - 27/06/2021, 14:04 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah lama dinanti, Telegram akhirnya resmi merilis fitur panggilan video grup (group video call) untuk penggunanya.

Sebelumnya, fitur video call di Telegram hanya bisa dilakukan antara pengguna dengan satu pengguna Telegram lainnya (one-on-one).

"Hari ini kami (Telegram), Anda bisa menyalakan kamera dan berbagi layar selama panggilan video grup dilakukan di mana pun, dan dengan perangkat apa pun termasuk tablet dan desktop," tulis Telegram di blog resminya.

Untuk memulai panggilan video grup, pengguna cukup membuka profil salah satu grup, lalu klik ikon tiga titik di pojok kanan, kemudian pilih opsi "Voice Chat" (ikon gagang telepon). Jika panggilan sudah berlangsung, pengguna nantinya akan menemukan opsi "Switch Your Video On" (ikon kamera) untuk mengaktifkan kamera.

Baca juga: Cara Menambahkan Kontak di Telegram Tanpa Nomor Telepon

Fitur Group Video Call di aplikasi TelegramBlog Telegram Fitur Group Video Call di aplikasi Telegram
Telegram mengatakan bahwa, panggilan video grup mampu menampilkan 30 partisipan sekaligus dalam dalam satu layar (grid).

Bagi pengguna yang ingin membagikan tampilan desktop atau ponsel pribadi mereka, Telegram turut menghadirkan fitur bernama Screen Sharing.

Fitur ini berguna saat seseorang ingin melakukan presentasi di hadapan pengguna Telegram lainnya secara online. Untuk membagikan tampilan layar, pengguna cukup mengetuk ikon tiga titik, lalu pilih opsi "Share Screen".

Telegram juga menyediakan fitur peredam bising (Noise Suppression) untuk menjaga kualitas audio tetap jernih. Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara menekan toggle "Noise Suppression" di menu yang tersedia.

Panggilan video grup untuk pengguna tablet dan desktop

Fitur panggilan video grup ini juga hadir untuk Telegram versi tablet dan desktop. Apabila digunakan di platform tersebut, tampilan yang muncul akan bergaya tiles dan orientasi landscape.

Masing-masing bingkai video bisa ditampilkan dengan sudut persegi ataupun persegi panjang, seperti terlihat dalam gambar di bawah ini.

Baca juga: Pendiri Telegram: Pengguna iPhone Adalah Budak Digital Apple

Fitur Group Video Call di aplikasi TelegramBlog Telegram Fitur Group Video Call di aplikasi Telegram

Pengguna juga dapat mengubah tampilan layout menjadi ukuran yang lebih kecil dalam satu frame sekaligus. Lewat fitur ini, pengguna dapat melihat keseluruhan partisipan tanpa harus repot berganti halaman.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Telegram, Minggu (27/6/2021), seluruh partisipan yang bergabung dalam panggilan video grup di Telegram versi desktop, dapat menggunakan fitur "Screen Sharing" secara otomatis.

Saat ini, fitur group video call baru tersedia untuk pengguna Telegram berbasis iOS, desktop, dan tablet. Belum diketahui, kapan pengguna Telegram Android bakal kebagian fitur ini. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com