Kompas.com - 27/06/2021, 16:04 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Microsoft resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi (OS) Windows 11, pada Jumat (25/6/2021).

Windows 11 bisa dipasang di komputer atau laptop dengan prosesor (CPU) dual core atau lebih, dengan kecepatan minimal 1 GHz. Windows 11 membutuhkan minimal RAM 4 GB, dan sisa media penyimpanan (storage) 64 GB.

Meski demikian, ada satu syarat penting yang harus dipenuhi sebuah perangkat yang akan dipasangi Windows 11, yaitu harus memiliki Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

Sederhananya, TPM adalah modul chip dalam sebuah perangkat PC yang bertugas untuk melindungi berbagai data yang tersimpan di dalam komputer atau laptop dengan sistem enkripsi.

Artinya, apabila perangkat Windows 11 dicuri, pelaku yang tidak bertanggung jawab harus membobol sistem TPM terlebih dahulu apabila ingin membajak beragam file yang ada di dalam perangkat tersebut.

Baca juga: Windows 11 Meluncur, Apa Bedanya dengan Windows 10?

Menurut Microsoft, TPM ini diperlukan untuk melindungi komputer atau laptop pengguna dengan sistem keamanan mumpuni berbasis hardware.

"Komputer masa depan membutuhkan teknologi semacam ini untuk melindungi perangkat dari berbagai serangan siber, baik itu skala kecil maupun skala besar," jelas Microsoft, sebagaimana dikutip KompasTekno dari TomsHardware, Minggu (27/6/2021).

Cara cek TPM di komputer

Menu Run untuk mengetikkan perintah tpm.msc untuk membuka aplikasi TPM Management.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Menu Run untuk mengetikkan perintah tpm.msc untuk membuka aplikasi TPM Management.
Komputer atau laptop dengan CPU yang berumur sekitar tiga hingga lima tahun, konon sudah banyak yang dibekali dengan chip tersebut.

Namun, untuk memastikannya, pengguna bisa mengecek sendiri apakah perangkat PC mereka dibekali TPM atau tidak.

Caranya adalah dengan menekan tombol "Windows" dan "R" secara bersamaan pada keyboard, atau mengetikkan kata kunci "Run" di menu Start. Lalu, masukkan perintah "tpm.msc" dan klik tombol "OK".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.