Review Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Kompas.com - 27/06/2021, 19:04 WIB
Samsung Galaxy Tab A7 Lite resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 2,5 juta. KOMPAS.com/ GALUH PUTRI RIYANTOSamsung Galaxy Tab A7 Lite resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 2,5 juta.

KOMPAS.com - Samsung resmi memasarkan tablet terbarunya, yakni Galaxy Tab A7 Lite di Indonesia pada awal Juni lalu.

Tablet "murah" yang dibanderol Rp 2,5 juta ini diklaim dibekali sejumlah fitur premium yang mampu mendukung aktivitas seperti kerja dari rumah, belajar online, hingga mencari hiburan.

KompasTekno berkesempatan menjajal Samsung Galaxy Tab A7 Lite varian warna Gray. Perangkat ini kami gunakan untuk aktivitas harian selama dua minggu.

Saat digenggam untuk pertama kali, tablet ini terasa ringan dan tipis, dengan bobot 371 gram dan ketebalan 8 mm.

Dengan bobot dan ketebalan tersebut Galaxy Tab A7 Lite menjadi mudah untuk dibawa dan digunakan di mana saja.

Tablet Samsung ini memiliki layar LCD TFT seluas 8,7 inci dengan resolusi 800 x 1.340 piksel. Meski memiliki layar yang cukup luas, tablet ini masih dapat digenggam dengan satu tangan.

Kendati demikian, bagian punggung Galaxy Tab A7 Lite terasa licin, sehingga rawan terlepas dari genggaman jika dipegang satu tangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Solusinya, pengguna bisa membeli book cover keyboard dari Samsung, atau membeli hard case mandiri. 

Baca juga: Tablet Rp 2 Jutaan Samsung Galaxy Tab A7 Lite Resmi di Indonesia

Galaxy Tab A7 Lite dibekali dengan desain tipis dan ringan. Meski memiliki layar hampir 9 inci, tablat ini masih bisa digenggam dengan satu tangan.KOMPAS.com/ GALUH PUTRI RIYANTO Galaxy Tab A7 Lite dibekali dengan desain tipis dan ringan. Meski memiliki layar hampir 9 inci, tablat ini masih bisa digenggam dengan satu tangan.
Hasil kamera

Samsung membekali Galaxy Tab A7 Lite dengan kamera depan beresolusi 2 MP dan kamera belakang 8 MP.

Meski tak memiliki resolusi tinggi, dalam kondisi cahaya cukup, kamera depan tablet ini terbilang menghasilkan gambar yang terang dengan warna yang cukup tajam saat dijajal untuk selfie ria.

Kamera depan tersebut juga dibekali dengan mode potrait. Saat diuji coba, hasil fotonya termasuk baik. Namun, bila dibandingkan dengan mode normal, foto menggunakan mode potrait terlihat sedikit kurang tajam dan sedikit redup.

Nah, ketika dijajal untuk melakukan video call, kamera depan itu pun dapat menampilkan video yang cukup baik dan terang. Selain untuk selfie dan video call, kamera depan juga berfungsi untuk membuka kunci layar tablet, yakni dengan fitur face recognition.

Kamera depan 2 MP pada Galaxy Tab A7 Lite ini terbilang menghasilkan video yang cukup baik dan terang ketika digunakan untuk melakukan video call.KOMPAS.com/ GALUH PUTRI RIYANTO Kamera depan 2 MP pada Galaxy Tab A7 Lite ini terbilang menghasilkan video yang cukup baik dan terang ketika digunakan untuk melakukan video call.
Untuk kamera belakangnya, saat digunakan untuk mengambil gambar di luar ruangan dengan cahaya yang cukup, hasil jepretan kamera belakang 8 MP ini cukup baik, tajam, dan menghasilkan warna yang mendekati aslinya.

Kamera belakang itu juga sudah dilengkapi dengan autofocus dan fitur zoom hingga pembesaran 10x.

Saat dijajal, fitur zoom 2x masih menghasilkan foto yang terbilang baik dan tajam. Namun, saat memotret menggunakan pembesaran 4x dan 10x, foto yang dihasilkan sudah terlihat banyak noise.

Untuk melengkapi pengalaman pengguna, Samsung juga membekali beberapa fitur tambahan di sektor fotografinya, yakni fitur food, panorama, hyperlapse, hingga pro.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7 Lite di Indonesia

Multitasking Mulus

Soal performa, tablet yang diotaki oleh System-on-Chip Mediatek Helio P22T (12 nm) ini terbilang baik dan bekerja dengan mulus ketika digunakan untuk bekerja atau menonton film.

Selama digunakan sekitar dua minggu, kami belum pernah mengalami layar lag maupun perangkat panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X