Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Samsung Galaxy Z Fold 3 Dukung Stylus S Pen

Kompas.com - 28/06/2021, 06:35 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Aneka bocoran mengenai salah satu calon ponsel lipat terbaru Samsung, Galaxy Z Fold 3, makin marak beredar. Salah satunya yang terbaru berasal dari dokumen pengujian Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat.

FCC adalah lembaga yang berwenang memberikan sertifikasi untuk perangkat komunikasi dan elektronik di AS.

Dalam bocoran laporan pengujiannya, disebutkan bahwa Galaxy Z Fold 3 yang memiliki kode nama SM-F926U itu akan mendukung S Pen yang dirancang khusus untuk ponsel lipat (Fold Edition).

Baca juga: Bocoran Ungkap Samsung Galaxy Z Fold 3 Punya Kamera di Dalam Layar

Berbeda dari seri Galaxy Note, Galaxy Z Fold 3 disinyalir tidak memiliki kompartemen stylus. Bocoran gambar render dari perangkat tersebut juga tidak memperlihatkan adanya tempat penyimpanan khusus di bodi ponsel.

Meski demikian, dokumen FCC menyebutkan adanya magnetic induction sehingga kemungkinan perangkat ini bisa mengisi daya stylus seperti Galaxy Tab S7, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (28/6/2021).

Bocoran dokumen FCC yang memperlihatkan dukungan stylus S-Pen pada Samsung Galaxy Z Fold 3GSM Arena Bocoran dokumen FCC yang memperlihatkan dukungan stylus S-Pen pada Samsung Galaxy Z Fold 3

Selain itu, dokumen FCC turut mengungkap bahwa Galaxy Z Fold 3 dibekali Wireless Charging 9 Watt, Fast Charging 25 Watt, baterai 4.275 mAh, serta dukungan fitur Ultra Wide Band (UWB).

Selain memungkinkan pelacakan posisi perangkat dengan lebih presisi, teknologi UWB juga dapat digunakan untuk transfer data secara nirkabel layaknya Blutooth atau Wi-Fi.

Ada juga informasi soal ponsel lipat Samsung lainnya, yakni Galaxy Z Flip 3 (SM-F711U) yang mengadopsi faktor bentuk ala ponsel clamshell. Perangkat ini tidak disebutkan memiliki dukungan stylus S-Pen ataupun UWB.

Baca juga: Inikah Jadwal Peluncuran Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3?

Baik Galaxy Z Fold 3 maupun Galaxy Z Flip 3 disebut sama-sama mendukung koneksi 5G dengan band mmWave n260 dan n261. 

Kedua perangkat ini disinyalir akan meluncur dalam waktu dekat, tepatnya dalam acara Galaxy Unpacked yang bakal digelar Samsung tanggal 3 Agustus 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com