Situs Ini Hadirkan iPod Virtual, Bisa Putar Musik dan Main Game

Kompas.com - 28/06/2021, 14:15 WIB
Menjajal iPod digital dengan akun Spotify KOMPAS.com/ConneyStephanieMenjajal iPod digital dengan akun Spotify
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Masih ingat dengan iPod? Perangkat pemutar musik portabel ini sempat populer sebelum produksinya dihentikan oleh Apple. Lini iPod klasik dihentikan pada 2014. Kemudian iPod Nano dan Shuffle menyusul disetop pada 2017.

Mereka yang kangen dengan iPod kini bisa mengunjungi situs buatan frontend developer asal AS bernama Tanner Villarete di tautan berikut. Di sana terpampang sebuah model virtual dari iPod Classic generasi ke-6.

Uniknya, navigasi "iPod" ini dilakukan dengan memakai clickwheel virtual seperti perangkat aslinya. Anda bisa memutar clickwheel dengan mouse untuk mengarahkan pilihan, kemudian menekan tombol bundar di tengah untuk masuk ke menu.

Baca juga: Apple dan Pemerintah AS Pernah Bikin iPod Misterius, untuk Apa?

iPod virtual tersebut memuat aplikasi streaming musik Spotify dan Apple Music. Anda bisa menggunakannya untuk mendengar lagu, tapi harus login terlebih dahulu ke layanan yang bersangkutan.

Tampilan game Brick Breaker di iPod virtual bikinan Tanner VillareteTanner Villarete Tampilan game Brick Breaker di iPod virtual bikinan Tanner Villarete
Untuk Spotify, caranya adlalah  pilih menu "Sign In" di tampilan awal, lalu klik "Sign In To View Your Library Spotify". Akan muncul halaman Log In Spotify. Di sana, Anda diminta untuk memasukkan username dan kata sandi akun.

Selanjutnya, ikuti petunjuk Log In yang tersedia. Tunggu sekitar satu menit hingga proses Log In berhasil. Jika sudah berhasil masuk, nantinya "iPod" akan menampilkan kumpulan playlist yang sinkron dengan akun Spotify Anda, seperti dalam gambar di atas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kapan iPhone 13 Dirilis Apple? Ini Bocorannya

Anda bisa melakukan berbagai hal seperti memutar musik, memilih playlist, mengatur playback, dan lainnya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (25/6/2021), ada beberapa folder yang dimunculkan, seperti Artist, Album, Playlist, dan Cover Flow untuk melihat tampilan lagu (sampul album) yang sedang diputar.

Selain aplikasi streaming, ada juga game Brick Breaker yang benar-benar bisa dimainkan, meskipun agak sulit karena harus dengan memutar clickwheel menggunakan kursor mouse.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.