Windows 11 Bisa Dipasangi Aplikasi Android dari Sumber Tak Resmi

Kompas.com - 28/06/2021, 15:02 WIB
Tampilan Windows Store yang memuat aplikasi Android. GSM ArenaTampilan Windows Store yang memuat aplikasi Android.

KOMPAS.com - Salah satu fitur baru Windows 11 yang baru diperkenalkan Microsoft adalah dukungan untuk aplikasi Android.

Seperti diberitakan sebelumnya Windows 11 akan bisa menjalankan aplikasi Android yang diunduh dari Amazon App Store yang tersedia di Microsot Store. Itu artinya, aplikasi tidak diunduh dari Google Play Store layaknya ponsel Android pada umumnya.

Pengumuman itupun menyisakan beberapa pertanyaan yang belum terjawab, seperti apakah nantinya Windows 11 bisa dipasangi aplikasi Android dari sumber tidak resmi, atau secara sideload.

Baca juga: Syarat yang Wajib Dipenuhi Jika Ingin Menginstal Windows 11

Pertanyaan itu akhirnya dijawab oleh salah satu teknisi Microsoft bernama Miguel de Icaza. Melalui akun Twitter dengan handle @migueldeicaza.

Ia menjawab pertanyaan salah seorang warganet apakah nantinya pengguna bisa memasang file APK Android ke Windows 11 atau tidak.

"Ya (bisa)", jawab Miguel singkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun sedikit menjawab, namun pertanyaan lain justru bermunculan. Seperti apakah nantinya aplikasi sideload bisa berjalan mulus di Windows 11 atau tidak, sebab file APK yang diunduh di luar toko aplikasi resmi biasanya memiliki masalah kompatibilitas.

Belum diketahui juga apakah ada pembatasan atau ketentuan tertentu, dan bagaimana proses instalasi akan bekerja, apakah akan makan waktu cukup lama atau semudah menginstal aplikasi dari sumber resmi.

Namun, saat ditanya oleh The Verge mengenai instalasi aplikasi Android secara sideload, Microsoft tidak menjelaskan lebih rinci.

Baca juga: Melihat Tampilan Windows dari Masa ke Masa, Windows 1.0 hingga Windows 11

"Pengguna akan menemukan aplikasi Android di Microsoft Store dan harus diakses melalui Amazon App Store. Kami akan menginformasikan lebih lanjut nanti," jelas Microsoft, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (28/6/2021).

Tidak heran banyak orang bertanya apakah bisa menginstal aplikasi versi Android melalui sideload. Sebab, katalog Amazon Appstore tidak selengkap Google Play Store. Banyak aplikasi yang absen di Amazon Appstore, seperti yang dikeluhkan oleh jurnalis The Verge, Dan Seifert.

Melalui akun Twitter dengan handle @dcseifert, ia menulis beberapa aplikasi yang tidak ditemukan di Amazon Appstore, seperti seluruh aplikasi buatan Google, Slack, Bitwarden, Lastpass, 1Password, Dashlane, Pocket, Feedly, dan Swiftkey.

Baca juga: Cara Cek Apakah PC/Laptop Kita Bisa Windows 11 atau Tidak

Aplikasi Snapchat dan Apple Music versi Android juga tidak tersedia di Amazon Appstore. Meskipun sideload menjadi alternatif untuk bisa menginstal aplikasi yang tidak tersedia di toko aplikasi resmi, ada sejumlah kekhawatiran membayangi.

Termasuk dari sisi keamanan, dan apakah Windows punya kemampuan untuk memindai aplikasi yang terpasang secara sideload, untuk mengidentifikasi ancaman bahaya yang dibawa. Sebab, di ekosistem Android fitur keamanan tersebut sudah tersedia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.