Deretan Fitur Windows 10 yang Absen di Windows 11, dari Skype hingga Cortana

Kompas.com - 28/06/2021, 19:24 WIB
Ilustrasi Windows 11. TheVergeIlustrasi Windows 11.

KOMPAS.com - Microsoft resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) komputer teranyarnya, Windows 11, dengan sejumlah perombakan,  Mulai dari antarmuka desain (UI) yang lebih segar dan bersih, hingga hadirnya beragam fitur baru.

Deretean fitur anyar turut ditambahkan, seperti widget baru, update fitur manajemen jendela aplikasi untuk multi-tasking, hingga dukungan menjalankan aplikasi Android tanpa emulator.

Baca juga: Deretan Fitur Baru yang Hadir di Windows 11

Namun, ada juga sejumlah fitur Windows 10 sebelumnya yang dipangkas sehingga tak lagi ditemukan di Windows 11.  Beberapa di antaranya sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PCWorld, Senin (28/6/2021).

1. Cortana didepak

Asisten digital dari Microsoft ini sebenarnya masih ada di Windows 11. Hanya saja, Cortana didepak dari posisinya di taskbar dan fungsi pencarian Windows.

Cortana di Windows 11 hanya sebatas aplikasi yang kemungkinan tak banyak berubah dari versi di Windows 10.

Berdasarkan bocoran build Windows 11, pengguna pun nantinya harus mencari, mengunduh, dan memasang sendiri aplikasi Cortana sebelum bisa digunakan pada komputer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Akhir cerita Internet Explorer

Browser usang Internet Explorer memang sedang dilenyapkan oleh Microsoft untuk digantikan dengan Edge. Di Windows 11, riwayat peramban lawas itu benar-benar tamat karena sudah tidak lagi disertakan sebagai bagian dari sistem operasi.

Di komputer Windows 10 pun, dukungan terhadap versi terakhir Internet Explorer, yakni IE 11, bakal diakhiri setahun lagi  pada 15 Juni 2022.

Baca juga: Selamat Tinggal Internet Explorer

Meski demikian, peramban Edge yang lebih modern dan berbasis Chromium masih menyediakan "IE Mode" untuk keperluan menjaga kompatibilitas dengan situs-situs web.

Lock screen Windows 10 dapat diatur untuk menampilkan quick settings, untuk aplikasi seperti e-mail, calendar, dll. Quick settings akan muncul di bagian bawah layar kunci (kotak merah).PCMag Lock screen Windows 10 dapat diatur untuk menampilkan quick settings, untuk aplikasi seperti e-mail, calendar, dll. Quick settings akan muncul di bagian bawah layar kunci (kotak merah).

3. Quick status hilang dari lock screen

Di Windows 10, pengguna biasanya bisa menambahkan quick status dari beberapa aplikasi untuk dimunculkan pada layar kunci (lock screen), agar lebih mudah dilihat tanpa perlu login terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber PC World
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X