Setengah dari Penduduk Dunia Kini Punya Smartphone

Kompas.com - 29/06/2021, 11:04 WIB
ilustrasi smartphone Android cnetilustrasi smartphone Android

KOMPAS.com - Dengan menggunakan smartphone, manusia bisa melakukan hampir semua hal, mulai dari berkomunikasi, mencari informasi dan hiburan, bahkan hingga belanja online serta membayar tagihan.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki smartphone, orang-orang beralih dari ponsel tradisional ke ponsel pintar. Tak ayal, ini membuat kepemiliki smartphone meningkat drastis selama beberapa tahun belakangan ini.

Puncaknya pada Juni 2021 ini, tercatat ada sebanyak 3,95 miliar manusia di bumi yang sudah memiliki smartphone. Angka ini merupakan setengah dari total penduduk dunia yang saat ini diperkirakan hampir mencapai angka 8 miliar orang. 

Hal tersebut terungkap dari laporan terbaru firma riset Startegy Analytics baru-baru ini.

"Dengan perkiraan ada 7,90 miliar orang total di planet ini pada Juni 2021, maka angka itu (3,95 miliar) setara dengan ada 50 persen penduduk dari seluruh dunia yang memiliki smartphone sekarang," kata Yiwen Wu selaku Analis Senior di Strategy Analytics.

Baca juga: Riset: 1 dari 4 Smartphone yang Terjual Dibeli Secara Online

Menurut Wu, butuh waktu 27 tahun untuk mencapai tonggak sejarah ini. Dalam perjalanannya, salah satu pendongrak utama dari adopsi smartphone oleh masyarakat dunia ialah hadirnya iPhone dan Android.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila ditarik ke belakangan, Direktur Senior di Strategy Analytics, Linda Sui mengatakan, kehadiran smartphone modern pertama di dunia ditandai dengan diluncurkannya smartphone IBM Simon di AS pada 1994.

Ketika itu, ada sebanyak 30.000 orang yang memiliki smartphone.

Kehadiran smartphone IBM Simon kemudian diikuti kemunculan ponsel pintar terkenal lainnya, kata Sui, seperti Nokia 9110 Communicator (1998) dan Ericsson R380 (2000).

Grafik pertumbuhan pengguna smartphone sejak 1994 hingga 2021. Kepemilikan smartphone terlihat meningkat drastis mulai 2012. Puncaknya pada 2021, ada setengah penduduk bumi yang memiliki smartphone.Startegy Analytics via Business Wire Grafik pertumbuhan pengguna smartphone sejak 1994 hingga 2021. Kepemilikan smartphone terlihat meningkat drastis mulai 2012. Puncaknya pada 2021, ada setengah penduduk bumi yang memiliki smartphone.
Pada 2012, kepemilikan smartphone meningkat drastis hingga tercatat di angka 1 miliar pengguna.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.