Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Saham "Menghijau", Facebook Jadi Perusahaan 1 Triliun Dollar AS

Kompas.com - 29/06/2021, 18:56 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, kapitalisasi pasar Facebook menembus 1 triliun dollar AS. Nilai kapitalisasi pasar Facebook tersebut setara dengan Rp 14.453 triliun (kurs Rp 14.453).

Hal ini dicapai Facebook berkat harga saham perusahaan yang meningkat hingga 4,2 persen di sesi perdagangan pada Senin (28/6/2021).

Berdasarkan data Yahoo Finance, pada sesi perdagangan Senin, harga saham perusahaan rintisan Mark Zuckerberg ini dibuka dengan harga 342.46 dan menguat saat penutupan di harga 355,64,

Saham Facebook yang "menghijau" ini membuat kapitalisasi pasar Facebook yang awalnya tercatat di angka 971,88 miliar dollar AS, terdongkrak ke angka 1,008 triliun dollar AS.

Baca juga: Facebook Buka Kantor Sepenuhnya Mulai Oktober 2021

Kenaikan harga saham Facebook tersebut itu sendiri agaknya didorong oleh sentimen positif pasca hakim federal AS menolak keluhan anti-monopoli yang diajukan oleh Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) terhadap Facebook.

FTC diketahui menuntut akuisisi Instagram dan WhatsApp oleh Facebook untuk dibatalkan.

Namun, hakim federal AS menolak tuntutan tersebut, karena FTC disebut tidak memberikan cukup bukti bahwa Facebook telah melakukan monopoli, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (29/6/2021).

Kapitalisasi pasar Facebook tembus 1.008 triliun dollar AS.Yahoo Finance Kapitalisasi pasar Facebook tembus 1.008 triliun dollar AS.

Bila ditarik ke belakang, Facebook memulai debut di bursa saham dengan kapitalisasi pasar 104 milliar dollar AS, saat melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada Mei 2012, sebagaimana dihimpun dari CNBC.

Setelah itu, nilai kapitalisasi pasar perusahaan induk dari Instagram dan WhatsApp ini naik setiap tahunnya, setidaknya hingga lima tahun setelah IPO atau tepatnya pada 2017. Pada 2017, nilai kapitalisasi pasar Facebook sudah mencapai 512,75 miliar dollar AS.

Namun, pada 2018, nilai kapitalisasi pasar Facebook merosot 27,04 persen ke angka 374,13 milliar dollar AS. Ini agaknya dipengaruhi oleh skandal Cambridge Analytica yang menyeret nama Facebook.

Baca juga: Facebook Didenda Rp 70 Triliun Akibat Skandal Cambridge Analytica

Setelah itu, nilai kapitalisasi pasar perusahaan yang bermarkas di Menlo Park, California ini perlahan naik menjadi 585,37 dollar AS pada 2019. Lalu naik lagi ke 778,03 dollar AS pada 2020.

Menyusul Apple dan Google

Dengan kapitalisasi pasar mencapai 1 triliun dollar AS, Facebook kini resmi bergabung dengan perusahaan teknologi raksasa seperti Alphabet (induk Google) dan Amazon, yang juga memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 1 triliun dollar AS.

Menurut data Companies Market Cap, Facebook menjadi perusahaan teknologi nomor lima dengan kapitalisasi terbesar di seluruh dunia, berada di bawah Apple, Microsoft, Amazon, dan Google.

Di posisi pertama, Apple memiliki nilai kapitaliasi terbesar 2,24 triliun dollar AS. Selanjutnya di poisis kedua ada Microsoft, yang baru saja menyentuh nilai kapitalisasi pasar 2 triliun dolar AS.

Perusahaan teknologi dengan kapitalisasi terbesar nomor tiga dan empat berturut-turut ditempati oleh Amazon (1,76 triliun dollar AS) dan perusahaan induk Google, Alphabet (1,67 triliun dollar AS).

Di nomor lima, adalah Facebook yang baru saja menyentuh kapitalisasi pasar 1.008 triliun dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com