Kapan Pengguna Windows 10 Kebagian Update Windows 11 Gratis?

Kompas.com - 29/06/2021, 19:29 WIB
Ilustrasi tampilan Windows 11. KOMPAS.com/BILL CLINTENIlustrasi tampilan Windows 11.

KOMPAS.com - Microsoft akhirnya resmi meluncurkan Windows 11, sistem operasi teranyar penerus Windows 10. Sistem operasi anyar ini akan mulai dirilis secara bertahap, dimulai pada akhir tahun 2021 ini.

Microsoft sendiri juga telah mengonfirmasi, bahwa nantinya sistem operasi teranyar ini juga dapat diunduh secara cuma-cuma oleh pengguna Windows 10.

Namun, agaknya pengguna Windows 10 harus menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkan update Windows 11 secara gratis, setidaknya hingga pertengahan 2022 bila menunggu update otomatis dari Microsoft.

Baca juga: Windows 11 Meluncur, Apa Bedanya dengan Windows 10?

Pasalnya, upgrade bertahap Windows 11 untuk pengguna Windows 10 saat ini baru akan dimulai pada awal tahun 2022. Sedangkan pada perilisan awal yang dimulai pada akhir tahun ini, agaknya hanya dikhususkan untuk komputer personal (PC) keluaran terbaru saja.

Hal ini terungkap dari kicauan Windows di akun Twitter resminya.

"Windows 11 akan dirilis nanti pada tahun 2021 dan akan dikirimkan selama bertahap dalam beberapa bulan. Upgrade Windows 11 untuk perangkat Windows 10 yang digunakan hari ini, akan dimulai pada 2022 hingga paruh pertama tahun itu," twit Windows.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena diluncurkan secara bertahap, sebagian pengguna Windows 10 kemungkinan harus menunggu hingga satu tahun mendatang, atau hingga Juni 2022.

 

Ini mengingat pembaruan software otomatis Windows 11 akan diutamakan didistribusikan pada perangkat Windows 10 yang paling kompatibel terlebih dahulu.

Tujuannya untuk mencegah pembaruan software terbaru di-install pada perangkat Windows 10 yang kemungkinan tidak kompatibel dan memiliki masalah.

Baca juga: Syarat yang Wajib Dipenuhi Jika Ingin Menginstal Windows 11

Bila tak sabar menunggu pembaruan otomatis, pengguna Windows 10 yang kompatibel bisa mengunduh Windows 11 versi final secara manual melalui file ISO, sebagaiman dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Selasa (29/6/2021).

Halaman:


Sumber TechSpot
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.