Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menjajal Windows 11 Sekarang? Begini Caranya

Kompas.com - 30/06/2021, 09:38 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembaruan (update) sistem operasi (OS) terbaru Windows 11 bisa didapatkan secara gratis bagi para pengguna lisensi orisinal Windows 10 sekitar November - Desember mendatang.

Sebelum memasang Windows 11, calon pengguna harus mengecek terlebih dahulu apakah spesifikasi komputer atau laptop mereka memenuhi syarat atau tidak.

Syaratnya mulai dari prosesor (CPU) dua inti (dual core) berkecepatan minimum 1 GHz, RAM 4 GB, ruang penyimpanan 64 GB, hingga kehadiran modul keamanan Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

Baca juga: Syarat yang Wajib Dipenuhi Jika Ingin Menginstal Windows 11

Nah, apabila tidak ingin menunggu, Anda sekarang sudah bisa upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 (versi preview) apabila terdaftar di dalam "Windows Insider Program".

Windows Insider Program adalah program pengujian untuk mengumpulkan feedback tentang calon versi baru Windows sebelum dirilis ke publik secara luas.

Langkah mendaftarkan diri ke Windows Insider Programs.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Langkah mendaftarkan diri ke Windows Insider Programs.

Program ini bisa diikuti oleh pengguna umum dengan cara mengunjungi menu "Windows Insider Program" di pengaturan (Settings) perangkat Windows 10 masing-masing.

Untuk mengaksesnya, pengguna cukup mengetikkan kata kunci "Windows Insider" di menu Start dan pilih pengaturan "Windows Insider Program settings" yang muncul di kolom hasil pencarian, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Baca juga: Deretan Fitur Baru yang Hadir di Windows 11

Lalu, klik tombol "Get started" di jendela Settings yang muncul dan masuk (login) dengan akun Microsoft. Apabila belum punya, pengguna bisa membuat akun Microsoft di tautan berikut.

Setelah berhasil masuk, klik tombol "Confirm" untuk menyetujui aturan dan kebijakan Windows Insider Program dan pilih kanal pengujian OS Windows yang diinginkan.

Pilih kanal di Windows Insider Program

Ada tiga kanal yang bisa dipilih yaitu Dev. Channel, Beta Channel, dan Release Preview Channel. Perbedaan ketiganya terletak di waktu pembaruan Windows 11 serta bug dan keseimbangan fitur-fiturnya.

Windows 11 bisa didapatkan dengan bergabung ke Dev. Channel. Namun, perlu dicatat bahwa WIndows 11 ini merupakan versi yang belum sempurna dan kemungkinan masih mengandung bug.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Rabu (30/6/2021) pengguna Beta Channel (kanal yang direkomendasikan) dan Release Preview Channel belum bisa memperbarui Windows 10 ke Windows 11.

Baca juga: Kapan Pengguna Windows 10 Kebagian Update Windows 11 Gratis?

Namun, Windows 11 versi Beta dan Release Preview kemungkinannya nanti akan lebih stabil dibanding versi Dev.

Apapun pilihannya, pengguna bisa meng-klik tombol "Confirm" dan me-restart komputer atau laptop untuk menyelesaikan proses registrasi.

Pasang Windows 11

Cara memperbarui Windows 10 ke Windows 11 jika sudah terdaftar di WIndows Insider Program.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara memperbarui Windows 10 ke Windows 11 jika sudah terdaftar di WIndows Insider Program.

Ketika komputer atau laptop sudah menyala, buka kembali pengaturan "Windows Insider Program settings" dan pastikan kanal yang dipilih di kolom "Pick your Insider settings" sudah sesuai dengan pilihan tadi.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com