Begini Cara Factory Reset di Ponsel Xiaomi

Kompas.com - 30/06/2021, 10:02 WIB
Desain ponsel Xiaomi dengan layar di keempat sisinya. Twitter/Agatha TangDesain ponsel Xiaomi dengan layar di keempat sisinya.

KOMPAS.com - Factory reset alias menghapus semua setting, aplikasi, dan data di ponsel sehingga kembali ke kondisi awal dari pabrik kadang perlu dilakukan oleh pengguna ponsel, misalnya saat ingin menjual perangkatnya.

Untuk ponsel Android, cara melakukan factory reset lebih kurang sama, tapi mungkin bisa berbeda sedikit antar merek perangkat dalam hal menu yang harus dibuka dan nama-namanya.

Baca juga: Ponsel Xiaomi Keluaran 2012 Ternyata Masih Dipakai Ratusan Ribu Orang

Bagi pemilik ponsel Xiaomi, factory reset dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang dihimpun KompasTekno, Rabu (30/6/2021), sebagai berikut:

  • Pertama-tama, pastikan baterai ponsel cukup karena proses factory reset bisa berlangsung beberapa menit. Dianjurkan agar baterai setidaknya masih terisi 50 persen.
  • Jika sudah siap, buka menu Pengaturan atau Settings pada ponsel. Kemudian pilih menu "About Phone".
  • Pada menu About Phone, pilih opsi "Factory reset".
  • Jika sebelumnya telah memasang kode PIN atau password pada ponsel, maka Anda akan diminta untuk memasukan kode keamanan tersebut sebagai bentuk konfirmasi.
  • Akan muncul jendela kecil berisi peringatan. Setelah menunggu waktu 10 detik, pengguna dapat menekan tombol "Next" untuk mulai melakukan factory reset di ponsel Xiaomi.
  • Ponsel akan melakukan reboot, kemudian factory reset.
  • Jika sudah selesai, ponsel akan menampilkan pesan selamat datang, seperti saat pertama kali dinyalakan.

Cara melakukan factory reset di ponsel Xiaomi.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara melakukan factory reset di ponsel Xiaomi.
Yang harus diperhatikan, factory reset bersifat permanen sehingga Anda tidak bisa mengambil kembali data yang sudah terhapus. Karena itu sebaiknya backup dulu data Anda, pastikan tidak ada data penting di ponsel.

Factory reset juga akan menghapus semua setting dan akun di perangkat sehingga Anda harus login kembali jika ingin menggunakan akun yang sama di ponsel tersebut.

Baca juga: Cara Menggunakan 2 Akun WhatsApp di Satu Ponsel Android

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk beberapa akun seperti Google, apabila melakukan factory reset tanpa sign-out/ remove sebelumnya, maka perangkat yang bersangkutan akan tetap tercantum di daftar device dalam menu manajemen akun. Anda bisa menghapusnya lewat menu pengaturan Google di link ini.

Karena itu, untuk menghindari masalah di kemudian hari, ada baiknya Anda lebih dulu sign-out dari akun-akun di perangkat sebelum melakukan factory reset.

Di perangkat Xiaomi, selain factory reset, tersedia opsi untuk menghapus data jenis tertentu saja, seperti data akun, kontak, foto dan video, serta aplikasi. Ini bisa dipilih apabila pengguna ingin sekadar membebaskan memori ponsel, alih-alih menghapus semua data.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X