Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Tampilan Baru untuk Perekaman Pesan Suara

Kompas.com - 30/06/2021, 10:31 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan populer WhatsApp agaknya bakal dibekali dengan tampilan fitur pesan suara baru bernama Voice Waveforms.

Alih-alih hanya progress bar ketika merekam pesan suara seperti biasanya, dengan Voice Waveform, pengguna akan melihat waveform suara yang berubah secara real-time berdasarkan intensitas atau volume suara yang direkam.

Ketika pengguna mengeluarkan suara keras, misalnya, tiap batang grafik akan meningkat dan memanjang, sedangkan apabila diam, maka batang grafik akan berubah menjadi kecil menyerupai titik.

Baca juga: Cara Memperbarui WhatsApp ke Versi Terkini

Hal ini mirip seperti tampilan visual ketika pengguna melakukan perekaman suara melalui aplikasi recorder yang terpasang di sebagian besar smartphone.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh WABetaInfo (@wabetainfo)

Sebelumnya, pengguna hanya akan disodori dengan tampilan kolom kosong saja, yang tuut dilengkapi dengan durasi perekaman di sebelah kirinya, ketika mereka melakukan perekaman pesan suara melalui WhatsApp.

Baca juga: Cara Menggunakan 2 Akun WhatsApp di Satu Ponsel Android

Apabila sedang merekam suara, pengguna juga bisa menjeda (pause) atau menghentikan (stop) proses perekaman dan mendengarkan pesan suara tersebut sebelum mengirimkannya ke orang lain.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (30/6/2021), Voice Waveforms sempat hadir di WhatsApp Beta Android versi 2.21.13.17.

Namun, fitur perpesanan suara ini dihilangkan di versi berikutnya. Kemungkinan WhatsApp ingin menyempurnakannya dulu sebelum dirilis secara meluas. Belum diketahui kapan Voice Waveforms bakal kembali di aplikasi WhatsApp,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com