WhatsApp Siapkan Tampilan Baru untuk Perekaman Pesan Suara

Kompas.com - 30/06/2021, 10:31 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan populer WhatsApp agaknya bakal dibekali dengan tampilan fitur pesan suara baru bernama Voice Waveforms.

Alih-alih hanya progress bar ketika merekam pesan suara seperti biasanya, dengan Voice Waveform, pengguna akan melihat waveform suara yang berubah secara real-time berdasarkan intensitas atau volume suara yang direkam.

Ketika pengguna mengeluarkan suara keras, misalnya, tiap batang grafik akan meningkat dan memanjang, sedangkan apabila diam, maka batang grafik akan berubah menjadi kecil menyerupai titik.

Baca juga: Cara Memperbarui WhatsApp ke Versi Terkini

Hal ini mirip seperti tampilan visual ketika pengguna melakukan perekaman suara melalui aplikasi recorder yang terpasang di sebagian besar smartphone.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh WABetaInfo (@wabetainfo)

Sebelumnya, pengguna hanya akan disodori dengan tampilan kolom kosong saja, yang tuut dilengkapi dengan durasi perekaman di sebelah kirinya, ketika mereka melakukan perekaman pesan suara melalui WhatsApp.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Menggunakan 2 Akun WhatsApp di Satu Ponsel Android

Apabila sedang merekam suara, pengguna juga bisa menjeda (pause) atau menghentikan (stop) proses perekaman dan mendengarkan pesan suara tersebut sebelum mengirimkannya ke orang lain.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (30/6/2021), Voice Waveforms sempat hadir di WhatsApp Beta Android versi 2.21.13.17.

Namun, fitur perpesanan suara ini dihilangkan di versi berikutnya. Kemungkinan WhatsApp ingin menyempurnakannya dulu sebelum dirilis secara meluas. Belum diketahui kapan Voice Waveforms bakal kembali di aplikasi WhatsApp,



Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X