Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan One UI Watch, Antarmuka Baru untuk Smartwatch

Kompas.com - 30/06/2021, 12:06 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Dalam acara Mobile World Congress (MWC), Samsung resmi memperkenalkan antarmuka terbaru untuk perangkat smartwatch, yakni One UI Watch. Antarmuka ini dibuat berdasarkan sistem operasi arloji pintar Wear OS.

Dengan menggunakan Wear OS, Samsung mengklaim bahwa akan ada lebih banyak aplikasi yang bisa dijalankan di arloji pintar Samsung. Selain itu, smartwatch Samsung yang dibekali Wear OS ini diklaim akan memiliki kinerja lebih baik saat terhubung dengan ponsel Android.

Sebelumnya, Samsung menggunakan sistem operasi Tizen OS untuk perangkat smartwatch miliknya. Tizen OS sendiri dikembangkan oleh Samsung secara mandiri.

Kemudian dalam ajang Google I/O 2021 pada Mei lalu, Google dan Samsung mengumumkan kemitraan dengan menggabungkan sistem operasi Wear OS dan Tizen OS.

EVP Head of Customer Experience Office Mobile Communications Business Samsung Electronics, Patrick Chomet, mengatakan bahwa penggunaan Wear OS akan membuka secara penuh potensi yang dimiliki oleh perangkat.

"Melalui upaya ini, kami akan memperkaya pengalaman dan kenyamanan dari jam tangan pintar ekosistem Galaxy bagi konsumen kami," kata Chomet, sebagaimana dikutip KompasTekno dari halaman resmi Samsung, (30/6/2021).

Baca juga: Pengiriman Smartwatch Naik Sepanjang 2020, Apple Teratas

Meski demikian, tidak banyak hal yang diungkap seputar One UI Watch. Vendor asal Korea Selatan itu hanya memamerkan tampilan user interface (UI) beserta sejumlah fitur yang akan dibawa oleh sistem operasi anyar ini.

Melalui sebuah video singkat, One UI Watch terlihat memiliki antarmuka yang hampir serupa dengan UI ponsel khas Samsung, One UI.

Karena dibangun berdasarkan Wear OS, kemampuan integrasi One UI Watch juga diklaim lebih baik dibanding Tizen OS.

Smartwatch yang menjalankan One UI Watch juga dapat mengunduh lebih banyak aplikasi. Beberapa di antaranya termasuk Strava, Adidas Running, Calm, Spotify, YouTube Music, bahkan Google Maps.

Beberapa fitur One UI Watch yang dipamerkan oleh Samsung termasuk kemampuan pemasangan aplikasi secara otomatis.

Ketika pengguna mengunduh aplikasi baru pada ponsel mereka, maka One UI Watch juga akan secara otomatis memasang aplikasi serupa di smartwatch.

Baca juga: Google Gabungkan Wear OS dan Samsung Tizen untuk Smartwatch

One UI Watch juga dapat melakukan sinkronisasi terhadap preferensi waktu yang ditampilkan pada ponsel. Hal ini juga berlaku pada sejumlah pengaturan lain, misalnya ketika pengguna memblokir sebuah kontak pada ponsel mereka.

Dari segi performa, Samsung mengklaim bahwa smartwatch yang telah menjalankan One UI Watch bakal memiliki daya tahan baterai yang lebih lama.

Terlepas dari informasi di atas, pihak Samsung masih belum mengungkap perangkat smartwach mana yang akan pertama kali mengadopsi OS terbaru ini.

Konon, One UI Watch akan diluncurkan secara perdana pada perangkat smartwatch terbaru, yang dirumorkan bernama Galaxy Watch 4, dalam gelaran Unpacked mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com