TikTok Jadi Aplikasi Paling Laris, Kalahkan Facebook Sekeluarga

Kompas.com - 30/06/2021, 13:33 WIB
ilustrasi TikTok reuters.comilustrasi TikTok

KOMPAS.com - Popularitas TikTok masih sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan tampilnya TikTok sebagai aplikasi yang laris manis diunduh pada paruh pertama 2021 ini.

Setidaknya begitulah menurut laporan preliminary dari firma riset Sensor Tower. Dari laporan itu diketahui, TikTok telah diunduh sebanyak 384,6 juta kali selama kurun waktu enam bulan pertama di 2021 ini.

Jumlah tersebut merupakan gabungan dari angka download di toko aplikasi App Store dan Google Play Store.

Dengan angka download yang mencapai 384,6 juta kali, TikTok secara umum mengalahkan jumlah unduhan media sosial raksasa dari keluarga Facebook.

Dari laporan Sensor Tower, aplikasi yang paling banyak diunduh setelah TikTok pada periode paruh pertama 2021 ini, secara berturut-turut adalah Facebook, Instagram, WhatsApp, Telegram, Messenger, Zoom, Snapchat, CapCut, dan Google Meet.

Baca juga: Menjajal Instagram Reels, Apa Bedanya dengan TikTok?

Daftar aplikasi yang paling banyak diunduh pada paruh pertama 2021. Secara keseluruhan, TikTok jadi aplikasi yang paling banyak di-download, dengan total unduhan hingga 384,6 juta kali pada periode ini.Sensor Tower Daftar aplikasi yang paling banyak diunduh pada paruh pertama 2021. Secara keseluruhan, TikTok jadi aplikasi yang paling banyak di-download, dengan total unduhan hingga 384,6 juta kali pada periode ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah download merosot

Kendati mencapai angka 384,6 juta, jumlah download TikTok tersebut sebenarnya merosot 38 persen, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020 lalu (YoY).

Pasalnya, tahun lalu TikTok juga tampil sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh pada periode enam bulan pertama 2020.

Bahkan, Sensor Tower mencatat, TikTok berhasil memecahkan rekor menjadi aplikasi paling banyak diunduh dengan total download mencapai 619 juta unduhan.

Menurut data Sensor Tower, merosotnya jumlah download TikTok ini sejalan dengan melambatnya angka unduhan seluruh aplikasi pada periode paruh pertama 2021 ini.

Secara YoY, angka download aplikasi hanya tumbuh tipis 1,7 persen, yakni mencapai 72,5 miliar unduhan saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.