Begini Cara Factory Reset di Ponsel Oppo

Kompas.com - 30/06/2021, 16:02 WIB
Oppo A74 varian warna Midnight Blu. Ketika digenggam, ponsel berbobot 175 gram dan ketebalan 8,4 mm ini terasa ringan dan tipis. Bagian punggungnya memiliki desain akhir mengkilap sehingga menimbulkan pantulan layaknya cermin. KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaOppo A74 varian warna Midnight Blu. Ketika digenggam, ponsel berbobot 175 gram dan ketebalan 8,4 mm ini terasa ringan dan tipis. Bagian punggungnya memiliki desain akhir mengkilap sehingga menimbulkan pantulan layaknya cermin.

KOMPAS.com - Mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrikan alias factory reset adalah metode yang dapat dilakukan jika ponsel sudah terasa lemot. Factory reset juga kerap dilakukan pengguna sebelum menjual perangkatnya.

Dengan melakukan factory reset, pengguna dapat menghapus informasi pribadi seperti foto, video, file, hingga akun yang ditautkan.

Perlu diperhatikan jika factory reset akan menghapus data secara permanen. Oleh sebab itu, pengguna turut disarankan untuk melakukan back up data ke cloud atau penyimpanan eksternal.

Proses factory reset juga dapat memakan waktu hingga beberapa menit. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pengguna dianjurkan menyisakan baterai setidaknya 50 persen.

Baca juga: Oppo Reno6 Bisa Dibeli di Indonesia 15 Juli

Secara garis besar, factory reset pada ponsel Android mengusung cara yang hampir serupa. Namun, terdapat sedikit perbedaan langkah yang disebabkan oleh antarmuka setiap ponsel yang berbeda-beda.

Bagi pemilik ponsel Oppo, factory reset dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang dihimpun KompasTekno, Rabu (30/6/2021), sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara melakukan factory reset pada ponsel Oppo.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara melakukan factory reset pada ponsel Oppo.
Pertama-tama, buka menu pengaturan atau settings. Selanjutnya, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Additional settings.

Setelah opsi tersebut diklik, Anda akan dibawa ke halaman pengaturan berikutnya. Di  halaman ini, klik opsi back up and reset lalu pilih erase all data (factory reset).

Pengguna dapat menghapus data sesuai dengan preferensi, mulai dari pengaturan jaringan, konfigurasi sistem, deretan aplikasi, atau menghapus data dan konfigurasi pada ponsel secara keseluruhan.

Pilih opsi erase all data jika Anda ingin menghapus seluruh data dan konfigurasi yang terdapat pada ponsel.

Baca juga: Cara Factory Reset di Ponsel Samsung Galaxy

Jika sebelumnya pengguna telah memasang kode PIN atau password, maka Anda akan diminta untuk memasukan kode keamanan tersebut sebagai bentuk konfirmasi.

Terakhir, pilih opsi "Erase data" jika Anda sudah yakin ingin melakukan factory reset dan ponsel akan segera menghapus seluruh data yang ada pada ponsel.

Dalam artikel ini, KompasTekno menggunakan ponsel Oppo A74 yang menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka Color OS 11.1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.