Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Langsung Ganti HP Jika Lemot, 11 Cara Ini Bisa Mempercepat Ponsel Android Anda

Kompas.com - 30/06/2021, 18:32 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Performa sebuah ponsel Android seringkali terasa semakin lambat seiring berjalannya waktu dan pemakaian penggunanya. 

Hal ini tentunya mengecewakan, apalagi jika ponsel sudah "berumur" dan memiliki hardware yang lawas. 

Performa ponsel Android yang menurun tak jarang menjadi pemicu kita untuk membeli perangkat baru yang lebih mutakhir. Namun, untuk mendapat perangkat dengan spesifikasi mumpuni, dibutuhkan juga kocek yang lebih besar. 

Nah, bagi Anda yang memiliki ponsel Android dengan performa yang mulai melambat, Anda bisa melakukan 12 trik berikut ini sehingga pengguna bisa menunda untuk membeli smartphone baru. Apa saja?

1. Bersihkan data menggunakan aplikasi Files

Ilustrasi aplikasi Files, laman Settings untuk mencopot aplikasi Android, dan laman pembaruan OS.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi aplikasi Files, laman Settings untuk mencopot aplikasi Android, dan laman pembaruan OS.
Aplikasi Files buatan Google yang bisa diunduh di tautan berikut ini bisa dipakai untuk membersihkan beragam file atau dokumen "sampah" yang tidak diperlukan lagi oleh ponsel.

Dengan begitu, beban media penyimpanan ponsel (storage) akan semakin ringan dan performa pun kemungkinan akan meningkat.

Untuk membersihkan ponsel, pengguna cukup membuka aplikasi Files, mengunjungi tab "Clean" dan klik tombol "Clean" di bagian "Junk files".

Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk membersihkan aneka foto atau video yang tidak dibutuhkan, file yang sudah diunduh, hingga aneka file berukuran besar untuk memperluas storage perangkat.

Baca juga: Malah Bikin Boros, Jangan Pakai Cara Ini untuk Menghemat Baterai Android

2. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Performa ponsel bisa ditingkatkan dengan menghapus beberapa aplikasi yang jarang atau tidak pernah dipakai.

Pasalnya aplikasi tersebut juga memenuhi storage dan ruang pemrosesan (RAM) dalam ponsel. Artinya, aplikasi tersebut punya andil dalam membebani kinerja.

Penghapusan aplikasi biasanya bisa dilakukan dengan meng-klik dan menahan (hold) ikon aplikasi terkait selama beberapa detik dan Anda bisa meng-klik tombol "Uninstall".

Jika aplikasi yang ingin dihapus merupakan aplikasi sistem dan tidak bisa di-uninstall, biasanya Anda tetap bisa mematikan aplikasi tersebut supaya tidak memakan memori.

Caranya, masuk ke "Settings" > "Apps" dan perhatikan aplikasi yang ada di sana.

Bila menemukan salah satu atau beberapa yang ternyata tak berguna, langsung saja pilih dan klik tombol "Disable" untuk mematikan tanpa menghapusnya atau uninstall agar langsung dihapus.

3. Perbarui OS secara berkala

Pastikan ponsel Android yang Anda pakai sudah diperbarui (update) ke sistem operasi (OS) versi terbaru. Biasanya, OS terbaru juga akan meningkatkan performa ponsel.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com