3 Cara Mengenali Kabar Hoaks di Internet

Kompas.com - 01/07/2021, 08:31 WIB
Ilustrasi hoaks. Sutterstock/VchalIlustrasi hoaks.

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengklaim telah menemukan ribuan konten misinformasi dan hoaks yang bertebaran di internet, khususnya dalam kurun satu tahun terakhir.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, Kominfo bekerja sama dengan Google memerangi misinformasi ini dengan cara memberikan edukasi literasi digital.

Ini dilakukan untuk mencerdaskan masyarakat, khususnya cerdas dalam membaca informasi.

"Ini kita ajari supaya mereka lebih cerdas dan selalu mencari sumber yang bisa dipercaya," kata Semmy dalam acara daring bertajuk Safer with Google, Rabu (30/6/2021).

Baca juga: Kominfo Usut Kasus Jual Beli Foto Selfie Pegang KTP di Facebook

Director Goverment Affairs Google Indonesia, Putri Alam membenarkan hal tersebut.

Putri mengatakan, Google bekerja sama dengan Kominfo, Maarif Institute dan Mafindo berupaya memerangi misinformasi dan hoaks di ruang kelas, dengan meluncurkan program bernama "Tular Nalar".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Program ini menargetkan 26.000 pengajar agar bisa memerangi misinformasi di ruang kelas. Saat ini, program ini sudah hadir di 160 kota di Indonesia," kata Putri dalam acara yang sama.

Kominfo dan Google pun memberikan tips agar masyarakat dapat dengan mudah mengidentifikasi misinformasi/hoaks di internet:

1. Pengguna harus memiliki sikap menanamkan prinsip bahwa segala sesuatu yang dibaca dan ditemukan di ruang digital, tidak bisa dipercaya sebelum pengguna mempercayai sumber dari konten tersebut.

"Untuk itu, kita harus mencari sumbernya dan mengetahui siapa yang menulisnya, dan di website mana. Ini adalah rule number one-nya," jelas Semmy.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X