Bocoran Performa Chip Exynos 2200, Lebih Kencang dari Apple A14 Bionic?

Kompas.com - 01/07/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi Samsung Exynos wccftech.comIlustrasi Samsung Exynos

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Samsung mengonfirmasi tengah bekerja sama dengan pabrikan semikonduktor AMD dalam membuat chipset mobile yang dibekali dengan GPU (chip pengolah grafis) mumpuni.

Kini, bocoran performa chip yang digadang-gadang mengusung namaExynos 2200 itu muncul di internet. Dan secara mengejutkan, skor chip dengan GPU AMD itu melampaui performa chip A14 Bionic racikan Apple.

Informasi ini dibeberkan oleh Ice Universe, pembocor ulung yang kerap mengumbar berbagai rumor terkait produk teranyar Samsung.

Baca juga: Perbandingan Chip Exynos 2100 dengan Snapdragon 888 di Galaxy S21

Melalui handle Twitter @UniverseIce, ia mengklaim ponsel dengan chipset seperti di atas memiliki hasil benchmark aplikasi 3D Mark untuk pengujian grafis "Wild Life" senilai 8.134 poin dengan frame rate rata-rata 50,30 FPS.

Angka tersebut lebih tinggi dari chipset Apple A14 Bionic yang membekali iPhone 12 Pro Max. Dalam pengujian yang sama, ponsel tersebut disinyalir "hanya" mampu menghasilkan skor benchmark 7.442 poin dengan frame rate rata-rata 40 FPS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu dicatat, SoC Exynos yang tampil di benchmark ini mengandalkan CPU berarsitektur Cortex-A77 yang konon dipakai untuk referensi pengujian.

Baca juga: Mengenal Chip A14 Bionic yang Bakal Jadi Dapur Pacu iPhone 12

Sekadar konteks, Samsung Galaxy S21 Series dibekali dengan chipset Exynos yang memiliki CPU Cortex-A78, sehingga hasil pengujian kemungkinan berbeda apabila menggunakan CPU dengan arsitektur yang sama.

Adapun SoC Exynos teranyar sendiri konon bakal memiliki konfigurasi CPU ARM Cortex X2 dan Cortex A710, arsitektur prosesor yang lebih mumpuni dari Cortex-A77, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (1/7/2021).

Belum bisa dipastikan apakah komposisi arsitektur CPU tersebut, begitu juga hasil benchmark pengujian grafis 3D Mark tadi, akurat atau tidak.

Sebab, Samsung belum mengumbar informasi apa pun soal suksesor SoC Exynos 2100 ini, begitu juga tanggal peluncurannya. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.