Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sertifikat Vaksin Covid-19 Bisa Dicetak seperti KTP atau Kartu ATM

Kompas.com - 01/07/2021, 15:43 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah mewajibkan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat perjalanan jarak jauh di dalam negeri (pesawat, bus, kereta api) selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat) pada 3-20 Juli 2021 mendatang.

Artinya, sertifikat vaksin Covid-19 atau kartu vaksin tersebut harus selalu dibawa apabila masyarakat ingin bepergian sebagai tanda bukti jika peserta telah menerima vaksin Covid-19.

Nah, tahukah Anda bahwa sertifikat vaksin Covid-19 atau kartu vaksin Covid-19 bisa diunduh (download) dan dicetak (print) dalam format kartu plastik menyerupai KTP atau kartu ATM, sehingga bisa muat disimpan di dalam dompet atau saku baju/celana?

Baca juga: Menkominfo Imbau Sertifikat Vaksin Tidak Dipamerkan di Medsos

Sebelum mencetaknya, Anda perlu mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 terlebih dahulu. Untuk mengunduhnya, Anda cukup memasang aplikasi atau mengujungi situs web Peduli Lindungi (https://pedulilindungi.id/)

Lalu, masuk ke akun Peduli Lindungi Anda menggunakan nomor telepon yang terdaftar ketika Anda hendak divaksin.

Setelah itu, kunjungi menu yang bertuliskan nama Anda tepat di bawah menu "Unduh" dan pilih menu "Sertifikat Vaksin", sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Cara mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 melalui website Peduli Lindungi.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 melalui website Peduli Lindungi.

Selanjutnya, pilih nama Anda dan klik sertifikat vaksin Covid-19 mana yang ingin di-download, pilihannya akan ada dua apabila Anda telah mendapatkan dosis kedua, dan hanya satu apabila baru mendapatkan dosis pertama.

Baca juga: Lokasi Vaksin Covid-19 di Jakarta Bisa Dicari lewat Google Maps, Begini Caranya

Lalu, klik tombol "Unduh Sertifikat" di laman berikutnya. Selesai, sertifikat vaksin Covid-19 Anda telah tersimpan di ruang penyimpanan komputer atau smartphone Anda dengan nama "Certificate.jpg".

Terakhir, Anda bisa langsung mencetak sertifikat vaksin Covid-19 dengan printer pribadi, atau membawanya ke penyedia jasa print, seperti warnet atau fotocopy, atau membawanya ke layanan digital printing seperti Snappy yang memiliki fasilitas cetak kartu plastik.

Agar sertifikat vaksin atau kartu vaksin Covid-19 bentuknya kecil menyerupai KTP atau kartu ATM, dengan bahan plastik, Anda bisa meminta operator untuk menyesuaikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com