Kompas.com - 02/07/2021, 07:22 WIB
Ilustrasi Zoom. BusinessInsiderIlustrasi Zoom.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pengguna aplikasi telekonferensi Zoom bisa merekam video dari kegiatan tatap muka virtualyang dilakukan di komputer. Ini bisa berguna apabila ada hal penting dalam meeting yang perlu dilihat di kemudian hari, misalnya. 

Perekaman video bisa dilakukan oleh pembuat ruangan (host) atau partisipan, setelah sebelumnya mendapat izin dari host. Hasil rekamannya bisa disimpan di komputer secara lokal, atau di cloud untuk pengguna berbayar.

Baca juga: Zoom Perkenalkan Events, Platform Khusus Gelar Acara Virtual

Host bisa langsung melakukan perekaman video setelah membuat meeting dengan menekan tombol "Record".

Langkah merekam pertemuan virtual di Zoom.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Langkah merekam pertemuan virtual di Zoom.

Tombol itu terletak di bagian toolbar yang terletak di bagian bawah tampilan utama Zoom, tepat di samping kanan ikon "Share Screen" dan di sebelah kiri ikon "Reactions". Apabila terdengar suara "recording in progress", maka proses perekaman meeting sudah dimulai.

Pengguna lantas bisa meng-klik ikon "Pause" untuk menjeda atau "Stop" untuk menghentikan proses rekaman. Ketika salah satu dari ikon tersebut di-klik, maka akan terdengar suara "recording stopped".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, rekaman tatap muka Zoom biasanya akan disimpan dalam folder Zoom di folder dokumen pengguna. Alamat folder selengkapnya untuk Windows, macOS, dan Linux bisa dilihat di situs Zoom di tautan berikut.

Apabila meeting belum selesai namun proses rekaman dihentikan, maka output file kira-kira akan bernama "double_click_to_convert_01.zoom", "double_click_to_convert_02.zoom", dan seterusnya.

Baca juga: Ketika CEO Zoom Kelelahan Rapat Online Akibat Zoom Fatigue

Seperti namanya, pengguna bisa meng-klik sebanyak dua kali di file tersebut agar formatnya diubah menjadi *.mp4, sehingga bisa diputar di komputer. 

Namun, apabila proses perekaman dan meeting selesai dalam waktu yang bersamaan, maka Zoom akan otomatis mengubah output file ke format *.mp4.

Cara merekam Zoom sebagai peserta.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara merekam Zoom sebagai peserta.

Selain host, peserta meeting juga bisa merekam sebuah pertemuan di Zoom dengan cara serupa. Namun, para participant harus meminta izin kepada host terlebih dahulu apabila mereka ingin merekam kegiatan virtual tersebut.

Baca juga: Instagram Live Terbaru Punya Fitur seperti Zoom

Pembuat ruangan bisa memberikan izin kepada para participant dengan meng-klik kanan salah satu peserta yang hadir dalam daftar "Participants" dan pilih menu "Allow to Record Local Files".

Jika sudah diizinkan, maka peserta terkait akan mendapatkan notifikasi "Host allows you to record this meeting". Artinya, proses rekaman sudah bisa dilakukan dengan menekan tombol "Record". Hasil videonya kemudian akan disimpan di local storage.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.