Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slack Punya Fitur untuk Ngobrol Singkat

Kompas.com - 02/07/2021, 16:19 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Aplikasi komunikasi dan kolaborasi, Slack, kini kedatangan fitur voice chat bernama Huddles. Uniknya, fitur ini dibuat dengan mengadaptasi kebiasaan para pekerja yang kerap mengobrol singkat saat bekerja di kantor.

Fitur ini membatasi waktu komunikasi pengguna Slack selama dua atau tiga menit. Artinya, fitur ini dibuat bukan untuk rapat dalam waktu yang lama.

Dulu biasanya, para kolega kerap mampir ke meja kolega lainnya untuk berbicara, bertanya, atau melakukan percakapan singkat ketika sedang bekerja.

Nah, fitur Huddles ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang sama saat bekerja kolaboratif secara daring.

“Fitur ini memungkinkan percakapan dua atau tiga menit,” kata CEO Slack, Stewart Butterfield.

Pecakapan singkat dengan fitur Huddles ini bisa dilakukan di setiap saluran atau direct message (DM) Slack manapun.

Nantinya, akan ada ikon berbentuk seperti headphone di setiap saluran atau DM Slack . Pengguna tinggal menggeser tombol toggle "headphone" itu untuk mengaktifkan fitur Huddles.

Fitur voice chat Huddles di Slack.The Verge Fitur voice chat Huddles di Slack.
Nah, mirip seperti aplikasi Discord, setiap pengguna yang tergabung dalam saluran atau DM Slack itu bisa ikut nimbrung ataupun meninggalkan percakapan yang berlangsung di Huddles kapan saja mereka mau.

Baca juga: Fitur Terbaru Slack, Bisa Kirim Pesan ke Karyawan di Perusahaan Lain

Untuk saat ini, fitur Huddles hanya bisa digunakan untuk voice chat saja, tidak dengan video.

Namun, pengguna dapat melakukan sharing screen ketika bercakap-cakap di Huddles.

Butterfield menjelaskan, fitur Huddles ini sengaja didesain sebagai fitur panggilan suara singkat untuk memenuhi kebutuhan yang sering kali terjadi ketika bekerja.

Fitur ini memang bukan didesain untuk panggilan telekonferensi.

"Karena jika Anda harus menjadwalkan panggilan, Anda akan berbicara selama 30 menit penuh, bukan dua atau tiga menit yang Anda butuhkan pada saat itu juga," kata Butterfield.

Fitur Huddles ini dirancang untuk meniru kebiasaan yang sering terjadi ketika bekerja masih di lakukan di kantor fisik, bukan secara daring seperti saat pandemi ini.

Baca juga: Slack Resmi Diakuisisi Salesforce Rp 392 Triliun

Dengan fitur ini, pengguna Slack tidak perlu mengirimkan undangan, tautan, atau nomor telepon ke kolega lain, bila butuh untuk berkomunikasi dengan segera.

Selain fitur Huddles, Slack juga akan memperkenalkan fitur rekaman suara, video, dan layar dalam beberapa bulan mendatang. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam ide yang mereka miliki secara langsung, dan mengirimkannya ke saluran Slack. 

Fitur ini disebutkan akan berguna bagi tim besar yang anggotanya tinggal di berbagai zona waktu, sehingga rapat harian mungkin akan sulit dilakukan.

Nantinya, hasil rekaman yang dibagikan pengguna akan dilengkapi dengan alat untuk  mempercepat atau memperlambat pemutaran.

Selain itu, rekaman tersebut juga dilengkapi dengan transkrip dan dapat dicari di Slack, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (2/7/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com