Twitter Siapkan Fitur Mirip Close Friends di Instagram

Kompas.com - 04/07/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi Twitter businessinsider.comIlustrasi Twitter
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Twitter dikabarkan tengah menyiapkan fitur daftar teman dekat yang mirip "Close Friends" di Instagram, yaitu "Trusted Friends".

Serupa dengan fitur khusus Instagram Stories itu, Trusted Friends memungkinkan pengguna mengunggah twit yang hanya bisa dilihat oleh kerabat terdekat atau orang pilihan saja.

Nantinya, pengguna Twitter bisa memilih siapa saja yang akan bisa melihat twit yang mereka tulis di jendela "Compose tweet".

Tepat di sebelah kanan avatar dan di atas keterangan "What's happening?", pengguna akan melihat menu dropdown bertuliskan "Everyone", sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Fitur Trusted Friends di Twitter yang masih berupa konsep.TechCrunch Fitur Trusted Friends di Twitter yang masih berupa konsep.

Menu tersebut bisa diklik untuk memunculkan jendela "Trusted Friends", di mana pengguna bisa memilah dan memilih siapa saja pengikut (follower) yang bisa melihat twit mereka.

Apabila sudah diunggah, twit eksklusif tersebut lantas bakal ditandai dengan label "Trusted friends" berwarna hijau yang mejeng tepat di atas unggahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski penampakannya sudah menyeruak, fitur Trusted Friends sendiri saat ini masih sekadar konsep dan belum memasuki tahap uji coba, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Minggu (3/7/2021).

Baca juga: Cara Share Twitter ke Instagram Stories Tanpa Screenshot

Twitter mengatakan pihaknya bakal mendiskusikan fitur ini lebih lanjut dan mengumpulkan umpan balik (feedback) dari pengguna apakah fitur ini, begitu juga fitur anyar lainnya yang masih sekadar konsep, perlu dikembangkan atau tidak.

Ilustrasi fitur Facets di Twitter.TechCrunch Ilustrasi fitur Facets di Twitter.

Terkait fitur anyar lainnya, selain Trusted Friends, Twitter juga tengah mempertimbangkan fitur "Reply Language" untuk menandai sebuah balasan yang memiliki frasa umpatan. 

Ada pula "Facets" yang memungkinkan sebuah twit dikirimkan ke berbagai akun alternatif milik mereka lainnya secara private.

Sebelumnya, Twitter juga pernah mengumbar konsep "Unmention" yang, sesuai namanya, memungkinkan pengguna menghindari suatu percakapan Twitter yang dianggap mengganggu.

Karena masih berupa konsep, belum bisa dipastikan apakah aneka fitur ini bakal bisa dijajal pengguna Twitter di masa depan atau tidak. Kita nantikan saja.

Baca juga: Twitter Blue Resmi Meluncur, Ini Bedanya dengan Versi Biasa



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X