Mobil Terbang "AirCar" Sukses Diuji Coba, Bisa Mengudara 35 Menit

Kompas.com - 05/07/2021, 06:35 WIB
Mobil terbang AirCar. Klein VisionMobil terbang AirCar.

KOMPAS.com - Prototipe mobil terbang yang bisa digunakan di darat dan di udara telah sukses diuji coba baru-baru ini. Mobil  yang dinamai sebagai "AirCar" itu, diciptakan oleh seorang profesor sekaligus CEO dari perusahaan KleinVision, bernama Stefan Klein.

Dalam sesi uji coba, AirCar sukses terbang selama 35 menit, dengan rute penerbangan dari bandara internasional Nitra hingga Bratislava, di Slovakia.

Ketika di udara, mobil AirCar yang dilengkapi dengan mesin dari produsen mobil BMW ini mampu melesat dengan kecepatan jelajah hingga 170 km/jam.

Pemilihan rute uji coba di bandara juga punya alasan tersendiri. Pasalnya, AirCar ini memiliki cara kerja seperti pesawat yang membutuhkan landasan pacu untuk lepas landas dan mendarat.

Setelah berhasil mengudara, Klein mengatakan, AirCar bisa terbang dengan jarak tempuh sekitar 1.000 km pada ketinggian 2.500 m.

Baca juga: Vivo Patenkan Desain Ponsel dengan Kamera Terbang

Sejauh ini, AirCar tercatat pernah terbang paling lama selama 40 jam di udara. Mobil terbang ini bisa mengangkut dua penumpang, dengan total berat maksimal hingga 200 kg.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prototipe mobil terbang AirCar membutuhkan waktu sekitar dua tahun untuk dikembangkan dan menelan biaya investasi kurang dari 2 juta euro (sekitar Rp 34,4 miliar).

Secara tampilan, mobil terbang ini terlihat seperti mobil pada umumnya dengan "ekor" berukuran besar di belakang.

Sayap lipat mini terdapat di masing-masing sisi dan baru dibentangkan ketika hendak mengundara. Proses pembukaan sayap pembutuhkan waktu 2 menit 15 detik.

Penampakan mobil hybdrid AirCar yang diciptakan oleh Stefan Klein. Klein Vision Penampakan mobil hybdrid AirCar yang diciptakan oleh Stefan Klein.
Awal industri baru?

Peneliti senior di bidang avionik dan pesawat terbang di University of the West of England, Stephen Wright, mengatakan AirCar memiliki desain keren seperti "gabungan mobil Bugatti Veyron dan pesawat Cesna 172".

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.