Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeff Bezos Mundur dari Jabatan CEO Amazon, Berapa Harta Kekayaannya?

Kompas.com - 05/07/2021, 09:12 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Bertepatan dengan hari jadi ke-27 tahun Amazon, Jeff Bezos resmi mundur dari jabatannya sebagai CEO Amazon, Senin (5/7/2021).

Sejak mendirikan Amazon pada 1994, Bezos menjadi nakhoda dan membawa Amazon meraih kesuksesan.

Amazon yang semula hanya sebagai toko buku online, kemudian bertransformasi menjadi salah satu dari lima perusahaan teknologi alias "The Big Five" yang berpengaruh di dunia.

Kesuksesan Amazon ini akhirnya membuat nama Bezos konsisten masuk daftar 10 besar orang paling kaya sedunia versi Forbes dalam lima tahun terakhir.

Ia pertama kali masuk daftar tersebut pada 2016, bersama Mark Zuckerberg. Kala itu, kekayaan Bezos ditaksir mencapai angka 45,2 miliar dollar AS atau setara Rp 655,7 triliun jika dikonversi dengan kurs hari ini.

Sejak saat itu, pundi-pundi kekayaan Bezos terus bertambah. Ia pun tidak pernah absen dalam daftar 10 orang terkaya versi Forbes dalam lima tahun terakhir ini.

Baca juga: Jeff Bezos Resmi Tinggalkan Jabatan CEO Amazon

Bahkan, selama tiga tahun terakhir namanya berada di peringkat paling atas. Lantas, berapa kekayaan Jeff Bezos saat ini setelah resmi meninggalkan jabatan CEO Amazon?

Menurut data The Real-Time Billionaires List yang dipublikasi Forbes pada Minggu (4/7/2021), Jeff Bezos masih berada di posisi nomor satu sebagai orang paling tajir sedunia.

Pria berkepala plontos itu tercatat memiliki harta kekayaan bersih mencapai 201,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 3.471 triliun).

Dengan jumlah harta kekayaan itu, Bezos menjadi orang pertama di dunia yang memiliki nilai kekayaan mencapai lebih dari 200 miliar dollar AS.

Bezos kini juga jauh lebih kaya dibandingkan dengan para pendiri perusahaan teknologi lainnya, seperti Elon Musk (167,3 miliar dollar AS), Bill Gates (128,9 miliar dollar AS), dan Mark Zuckerberg (127,7 miliar dollar AS).

Rekor peningkatan kekayaan

Dengan kekayaan yang hampir 202 miliar dollar AS itu, Forbes memperkirakan, kekayaan Bezos telah meroket hingga 196 miliar dollar AS (kira-kira Rp 2.843 triliun) sejak tahun 1998.

Kala itu, nama Bezos pertama kali muncul dalam daftar orang Amerika terkaya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari USAToday, Senin (5/7/2021).

Pada pertengahan 2020, Jeff Bezos juga mencatatkan rekor dalam peningkatan kekayaan. Ketika itu, peningkatan nilai kekayaan Bezos mencapai 13 miliar dollar AS atau sekitar Rp 191,1 triliun hanya dalam sehari.

Lonjakan nilai kekayaan pendiri Amazon itu terjadi berkat harga saham Amazon melejit hingga 7,9 persen.

Halaman:
Sumber USA Today


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com