Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno6 Punya Fitur Video "Computational Photography" yang Absen di Find X3 Pro

Kompas.com - 05/07/2021, 14:51 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno6 bakal dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat. Ponsel tersebut diklaim merupakan ponsel pertama di dunia yang dibekali dengan teknologi "Computational photography" untuk perekaman video.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto, computational photography untuk video hanya akan dimiliki oleh Oppo Reno6 saja. Fitur ini tidak hadir di model lain dari sang pabrikan, termasuk juga di Find X3 Pro yang merupakan smartphone kelas atas.

Alasannya, menurut Aryo, adalah karena computational photography membutuhkan kombinasi software dan hardware yang dirancang khusus untuk Reno 6.

Baca juga: Oppo Reno6 Andalkan Computational Photography untuk Merekam Video, Apa Itu?

"Kami tidak seperti memperbarui sebuah sistem operasi (OS), karena kami melakukan sebuah perhitungan algoritma (software) baru yang cocok di Oppo Reno6," ujar Aryo dalam acara Reno6 Imaging Workshop yang digelar secara virtual, Senin (5/7/2021).

Dia tidak menjelaskan hardware apa yang dipakai Reno6 untuk menunjang fitur video terbaru tadi. Aryo hanya mengatakan bahwa akan ada perbedaan spesifikasi antara Reno6 versi Indonesia dan Reno6 versi global.

Computational photography diklaim memungkinkan pengguna Reno6 merekam video yang terang, jelas, dan memiliki warna natural tanpa harus melalui proses penyuntingan (editing).

Teknologi itu juga menghadirkan sejumlah fitur baru, di antaranya AI Highlight Video dan Bokeh Flare Portrait yang bisa diterapkan di video, sehingga ponsel ini dijuluki sebagai perangkat "Portrait Video Expert".

Baca juga: Oppo Reno6 Punya Fitur Bokeh Otomatis Saat Rekam Video

Teknologi computational photography sendiri sebenarnya sudah lama diterapkan di ponsel, misalnya di seri perangkat Google Pixel dan di iPhone dengan nama Deep Fusion untuk meningkatkan kualitas gambar. Namun, penerapannya pada umumnya untuk foto.

Di luar computational photography, Aryo mengatakan bahwa Reno6 turut dibekali serangkaian kamera berikut fitur-fitur yang sudah hadir di perangkat-perangkat terdahulu.

"Reno6 masih membawa sebagian besar fitur yang ada di perangkat sebelumnya, seperti 108 MP Ultra Clear Image, Portrait Beautification, Video Beautification, dan lain-lain," pungkas Aryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com