Kompas.com - 05/07/2021, 19:09 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Selama ini pengguna WhatsApp tak memiliki banyak pilihan ketika mengirimkan video. Konten yang dikirim sebagai media secara otomatis akan dikompres sehingga mengalami penurunan kualitas.

Namun, tak lama lagi mungkin pengguna WhatsApp bakal bisa memilih apakah ingin mengirim video berkualitas tinggi atau yang memiliki ukuran file kecil (lewat kompresi) untuk menghemat kuota data.

Baca juga: Cara Membuat Link Grup WhatsApp untuk Dibagikan

Indikasinya bisa dilihat dari tangkapan layar unggahan situs WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran tentang calon fitur baru WhatsApp dengan akurat sebelum resmi meluncur.

Dalam bocoran tangkapan layar aplikasi WhatsApp versi beta itu, terlihat ada tiga opsi "Video Upload Quality" yang dapat dipilih oleh pengguna, yakni "Auto (recommended)", "Best Quality", dan "Data Saver".

Opsi Video Upload Quality di aplikasi WhatsAppWABetaInfo Opsi Video Upload Quality di aplikasi WhatsApp
Jika memilih opsi "Auto (recommended)", maka WhatsApp akan menampilkan tayangan video dengan kualitas terbaik berdasarkan kecepatan koneksi data internet pengguna.

Sedangkan "Best Quality" merupakan opsi apabila pengguna ingin WhatsApp menampilkan video dengan kualitas paling baik. Kuota data yang dihabiskan untuk mengirim video tersebut juga akan lebih besar.

Untuk menghemat kuota, pengguna bisa memilih opsi "Data Saver" yang akan menampilkan tayangan video dengan kualitas lebih rendah.

Baca juga: WhatsApp Sudah Bisa Kirim Foto dan Video yang Terhapus Sendiri, Begini Caranya

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Senin (5/7/2021), mode "Data Saver" juga bisa diaktifkan melalui menu pengaturan ponsel. Jika sudah aktif, nantinya WhatsApp akan mengompres video tersebut secara otomatis sebelum mengirimnya.

Untuk sekarang,  fitur ini disebut masih dalam tahap pengembangan dan belum diketahui kapan akan dirilis secara resmi kepada publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.