Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim Foto di WhatsApp Tanpa Mengurangi Kualitas Aslinya

Kompas.com - 06/07/2021, 13:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika menerima foto yang dikirim via WhatsApp, tak jarang foto tersebut terlihat blur karena kualitasnya turun. Hal itu disebabkan karena WhatsApp mengompresi file foto yang dikirim, sehingga ukurannya lebih kecil dan mudah ditransfer

Namun, ada cara untuk membuat foto yang dikirim lewat WhastApp tetap pada resolusi tinggi, sehingga foto tidak akan blur. Bagaimana cara kirim foto di WhatsApp tanpa mengurangi kualitas aslinya?

Cara kirim foto di WhatsApp tanpa mengurangi kualitas aslinya adalah dengan memanfaatkan fitur berkirim dokumen. Jenis file ini sedikit memakan waktu upload, apalagi jika ukuran file cukup besar.

Namun file foto yang dikirim tidak akan turun kualitasnya layaknya mengirim foto dengan cara biasa.

Baca juga: Cara Mengirim Isi Percakapan WhatsApp ke Pengguna Lain lewat E-mail

Cara kirim foto di WhatsApp tanpa mengurangi kualitas aslinya bisa dilakukan baik di ponsel Android maupun iOS.

Di kedua platform ini caranya hampir mirip, hanya saja untuk iPhone/iPad, caranya sedikit lebih rumit.

Android

Di ponsel Android, cara mengirim foto via WhatsApp tanpa menurunkan resolusi, atau berupa dokumen bisa dilakukan dengan cara lebih mudah. Sebagaimana mengirim foto biasa, klik menu lampiran berupa ikon penjepit kertas di bagian bawah, atau sebelah ikon kamera.

Kemudian, pilih opsi dokumen. Lanjutkan dengan klik "browse other documents" (cari dokumen lain). Pilih foto mana yang akan dipilih, jika hanya memilih satu, klik opsi "send" (kirim) yang muncul secara pop-up.

Jika ingin mengirim lebih dari satu foto, tahan satu foto hingga muncul tanda centang biru, lalu pilih beberapa foto lain yang yang dikehendaki. Kemudian pilih opsi "open" yang ada di kanan atas, dan pilih opsi "send".

Tangkapan layar cara mengirim foto beresolusi tinggi berupa dokumen di Android.Kompas.com Tangkapan layar cara mengirim foto beresolusi tinggi berupa dokumen di Android.

Foto yang terkirim akan berupa file dokumen dengan format JPG. Bedanya dengan pengiriman foto biasa, thumbnail foto tidak akan terlihat. Sehingga, penerima harus membuka file tersebut lebih dulu untuk mengetahui isi foto.

Dikarenakan pengiriman berbentuk dokumen, maka foto tidak akan masuk ke galeri foto melainkan ke folder "files". Foto bisa ditemukan di "WhatsApp Documents".

iOS (iPhone/iPad)

Pengiriman serupa melalui iPhone agak sedikit rumit. Sebab membutuhkan bantuan "Files App" untuk menautkannya ke iCloud. Setelah gambar tersimpan di "Files App", cara pengirimannya sama dengan Android.

Tangkapan layar bentuk file dokumen JPG di Android.Kompas.com Tangkapan layar bentuk file dokumen JPG di Android.

Pilih ikon lampiran, lalu pilih file gambar yang telah disimpan di "Files App", lantas kirimkan gambar tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Link Grup WhatsApp untuk Dibagikan

Karena resolusi gambar yang tidak dikompresi, tentu konsekuensinya adalah penggunaan data yang lebih banyak untuk mengunggah gambar. Namun resolusi tetap terjaga.

Waktu yang dibutuhkan untuk upload atau pengiriman juga agak sedikit lama, dibandingkan dengan pengiriman foto cara biasa, atau yang dikompresi.

Tapi tidak ada salahnya menggunakan cara ini jika memang foto beresolusi tinggi dibutuhkan segera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com