Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Siapkan Ponsel Lipat Pesaing Samsung Galaxy Z Flip?

Kompas.com - 06/07/2021, 13:33 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel dengan layar yang dapat dilipat atau foldable phone masih menjadi tren di kalangan vendor smartphone. Xiaomi menjadi salah satu vendor yang tak ingin ketinggalan.

Pada Januari lalu, vendor asal China itu diketahui telah mematenkan tujuh desain ponsel layar lipat. Tak berselang lama, Xiaomi memperkenalkan ponsel lipat pertamanya, Mi Mix Fold yang memiliki desain layar seperti Samsung Galaxy Z Fold 2, yang bisa dilipat secara vertikal.

Kabar terbaru menyebutkan, Xiaomi kembali mematenkan desain ponsel layar lipat baru, yang desainnya kini menyerupai Samsung Galaxy Z Flip, yakni dilipat secara horizontal.

Baca juga: Inikah Jadwal Peluncuran Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3?

Keberadaan paten berisi konsep perangkat Xiaomi itu diungkap oleh situs teknologi asal Belanda, Let's Go Digital. Situs tersebut mengatakan, Xiaomi berhasil mendapatkan paten atas desain tersebut dari Kantor Kekayaan Intelektual Nasional China (CNIPA), pada 2 Juli 2021.

Desain ponsel layar lipat baru Xiaomi bermodel clamshell, mirip Samsung Galaxy Z Flip.Let's Go Digital Desain ponsel layar lipat baru Xiaomi bermodel clamshell, mirip Samsung Galaxy Z Flip.
Dari gambar paten terlihat, desain ponsel lipat baru Xiaomi ini bermodel clamshell, di mana memiliki mekanisme layar yang bisa dilipat menjadi dua secara horizontal, persis seperti mekanisme lipatan pada ponsel Galaxy Z Flip.

Bedanya, di bagian layar bagian kiri atas, desain ponsel layar lipat baru Xiaomi itu terlihat mengusung dua kamera selfie.

Untuk di bagian sisi kanan ponsel, terlihat ada tombol fisik yang kemungkinan adalah tombol power dan tombol pengatur volume up dan down. Sedangkan di sisi kirinya terlihat bersih tanpa tombol fisik.

Desain ponsel layar lipat baru Xiaomi dari berbagai sisi.Let's Go Digital Desain ponsel layar lipat baru Xiaomi dari berbagai sisi.

Beralih ke bagian belakang, desain ponsel layar lipat baru Xiaomi itu mengusung tiga kamera belakang yang dibenamkan pada modul berbentuk bulat di bagian tengah punggung ponsel.

Di pojok kiri atas punggung ponsel juga terlihat ada sebuah lubang, yang kemungkinan adalah lubang flash LED.

Baca juga: Tanda-tanda Google Siapkan Ponsel Layar Lipat

Sementara di bagian sisi bawah, terlihat ada laci untuk SIMcard, port USB Tipe-C, dan lubang speaker.

Terlepas dari desainnya yang mirip dengan ponsel Galaxy Z Flip, belum diketahui secara pasti apakah Xiaomi akan benar-benar merealisasikan ponsel lipat dengan desain tersebut.

Namun, bila benar direalisasikan, Xiaomi kemungkinan akan menamainya sebagai Mi Mix Flip, dan ponsel itu dapat menjadi pesaing langsung dari ponsel dengan desain yang sama, seperti Samsung Galaxy Z Flip dan Motorola Razr, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (6/7/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com